Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Susi Ulfa, 150201030 (2020) Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 8 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 8 Banda Aceh)
Susi Ulfa, 150201030, FTK, PAI, 082315821067.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu hal yang terjadi secara spontan pada diri seseorang. Sebagaimana menurut Tulus Tu’u bahwa disiplin yang ditetapkan dengan baik di sekolah akan memberi andil bagi pertumbuhan dan perkembangan prestasi belajar peserta didik. Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil akhir belajar yang digunakan untuk melihat sejauh mana peserta didik dapat memahami dan menguasai materi yang dipelajari yang dilihat dari nilai berdasarkan tes hasil belajar. Penelitian yang berjudul pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan guru, untuk mengetahui Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelalajaran PAI di SMA Negeri 8 Banda Aceh, untuk membuktikan adanya pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini adalah Penelitian Mix Kuantitatif dan Kualitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Banda Aceh yang jumlahnya 253 orang. Penulis mengambil sampel 10% dari jumlah populasi dan diacak dari 8 kelas yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan , angket, nilai raport mata pelajaran PAI, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data angket menggunakan analisis persentase dan menguji pengaruh menggunakan uji “r” product moment. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Kedisiplinan guru PAI dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil persentase yang diperoleh sebesar 79%. 2) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Banda Aceh baik, hal ini dibuktikan dari nilai raport yang rata-rata menunjukkan nilai 8 dan 3) Indeks korelasi “r” product moment yang telah diperoleh sebesar 0,853, hal ini menunjukkan bahwa indeks korelasi “r” product moment lebih besar dari pada taraf signifikasi 5% (0,374) maupun pada taraf signifikasi 1% (0,478). Maka hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Artinya ada pengaruh yang disignifikan kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M. Ag Pembimbing II : Dr. Zulfatmi, S. Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Guru, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Susi Ulfa
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:39
Last Modified: 27 Oct 2020 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14663

Actions (login required)

View Item
View Item