Konsep Manajemen Pariwisata Dalam Meningkatkan Pengunjung Di Pantai Pasir Putih Lamreh

Nida Mumtia, 160403009 (2020) Konsep Manajemen Pariwisata Dalam Meningkatkan Pengunjung Di Pantai Pasir Putih Lamreh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Konsep Manajemen Pariwisata]
Preview
Text (Konsep Manajemen Pariwisata)
Nida Mumtia, 160403009, FDK, MD, 085206501037.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Konsep manajemen pariwisara merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola industri pariwisata. Konsep bisa menjadi gerak awal dalam memilih produk apa yang akan dijual. Setelah penentuan produk, maka tahap pemasaran dan pelayanan akan membantu dalam meningkatkan minat wisatawan terhadap produk wisata. Meningkatnya pengunjung dapat menjadi tolak ukur bahwa konsep dan manajemen yang dilakukan sudah tepat. Skripsi ini memfokuskan penelitian tentang konsep manajemen pariwisata atau upaya yang dilakukan pengelola dalam meningkatkan pengunjung di Pantai Pasir Putih Lamreh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dan mengetahui faktor peluang serta penghambat yang dirasakan oleh pengelola Pantai Pasir Putih Lamreh dalam meningkatkan pengunjung. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif denganteknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta dilakukan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Objek Wisata ini memiliki visual yang indah. Manajer pantai pasir putih dan para pekerja pun telah melakukan upaya dalam meningkatkan pengunjung dengan tidak menaikkkan harga tiket dan memberikan pelayanan secara langsung dengan baik. Pelayanan tidak langsung seperti wahana dan fasilitas yang baru dibangun pada tahun 2018 mampu meraup keuntungan lebih besar. Walaupun dari hasil penelitian ini terungkap bahwa pengelola tidak melakukan promosi dan publikasi sebagaimana semestinya, yaitu mereka hanya mengandalkan media sosial pengunjung yang berfoto ria di objek wisata. Selain itu juga masih ada pelayanan tidak langsung seperti kebersihan, keamanan wahana, kelayakan fasilitas dan gangguan eksternal seperti ternak yang berkeliaran masih belum teratasi. Namun demikian, penanggung jawab lokasi, pengelola dan pekerja tetap mencoba meningkatkan kualitas pariwisata dengan menawarkan konsep manajemen pariwisata yang semakin membaik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani. M. Si 2. Muzakkir Zabir, S. Sos. I., M.A
Uncontrolled Keywords: konsep, pariwisata dan Pantai Pasir Putih
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nida Mumtia
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:01
Last Modified: 27 Oct 2020 05:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14665

Actions (login required)

View Item
View Item