Pengembangan LKPD Berbasis Cooperative Learning pada Materi Akhlak di Kelas 1 SMAN 5 Banda Aceh

Aulia Nashari, 150201135 (2020) Pengembangan LKPD Berbasis Cooperative Learning pada Materi Akhlak di Kelas 1 SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbasis Cooperative Learning pada Materi Akhlak kelas 1 di SMAN 5 Banda Aceh)
Aulia Nashari, 150201135, FTK, PAI, 085211881785.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pengembangan LKPD pada materi akhlak sangat penting dilakukan agar membentuk peserta didik yang cerdas, berakhlak karimah dan mampu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari. Di SMAN 5 Banda Aceh pembelajaran PAI yang berlangsung selama ini sebagian besar masih berpusat pada guru. Penggunaan LKPD belum diterapkan sepenuhnya, pemberian tugas pada siswa diberi berdasarkan buku pelajaran yang digunakan. Fakta lain menunjukan bahwa banyak dari peserta didik kurang memahami dan kurang dalam menerapkan akhlak sesuai dengan tuntutan agama. Oleh karena itu, pengembangan dalam mata pelajaran PAI sangat dipenting dilakukan, karena LKPD merupakan salah saru media dalam proses belajar mengajar yang menarik dan memberikan semangat baru dalam pembelajaran. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah desain pengembangan LKPD berbasis coopertaive learning pada materi akhlak layak digunakan? Bagaimanakah respon guru terhadap pengembangan LKPD berbaisi cooperative learning pada materi akhlak? Bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD berbaisi cooperative learning pada materi akhlak?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 90%, hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis cooperative learning dapat digunakan dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari respon guru 62% sangat setuju, 38% setuju, dan 0% kurang setuju, sedangkan persentase yang diperoleh dari respon peserta didik sebesar 61% sangat setuju, 35% setuju, dan 4% kurang setuju. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa desain LKPD berbaisi cooperative learning yang dikembangkan dapat digunakan dan sangat layak digunakan. Respon guru dan respon peserta didik terhadap LKPD adalah baik dan layak digunakan disekoalah pada pembelajaran PAI di SMAN 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nurbayani, S.Ag., M.Ag, Pembimbing II : Sri Astuti, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Cooperative Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Nashari
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:38
Last Modified: 09 Nov 2020 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item
TOP