Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 1 Labuhanhaji

Diana Sari, 140208110 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 1 Labuhanhaji]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 1 Labuhanhaji)
Diana Sari, 140208110, FTK, PKM, 082360555219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia pada materi Koloid disebabkan rendahnya pemahaman dan penguasaan siswa. Hal ini karena proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan siswa kurang aktif. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak model tersebut yang dilihat dari 2 indikator yaitu hasil belajar siswa dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan menggunakan satu kelas eksprimen atau kelas perlakuan dan satu kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa di SMA Negeri 1 Labuhanhaji. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan angket yaitu berupa respon siswa. Analisis data hasil tes menggunakan uji n-gain, uji t dan angket respon siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dianalisis menggunakan uji n-gain diperoleh nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,61, yakni termasuk kategori sedang. Dari hasil uji-t diperoleh keterangan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan yang signifikan dengan hasil yang didapat 0,000 < 0,05 maka Ha diterima atau model pembelajaran NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa XI pada materi koloid di SMA negeri 1 Labuhanhaji. Hasil persentase respon siswa yaitu 92,50 % mengidikasikan bahwa siswa tertarik belajar dengan menggunakan model NHT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd, Pembimbing II : Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Koloid, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Diana Sari
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:16
Last Modified: 02 Nov 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item
View Item