Metode Pasangan Suami Istri yang belum memiliki keturunan dalam Upaya Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga (Studi Di Gampong Coet Matang Tringgadeng Pidie Jaya)

Sri Deva Mahdalena, 150402106 (2020) Metode Pasangan Suami Istri yang belum memiliki keturunan dalam Upaya Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga (Studi Di Gampong Coet Matang Tringgadeng Pidie Jaya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Metode Pasangan Suami Istri yang belum memiliki keturunan dalam Upaya Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga (Studi Di Gampong Coet Matang Tringgadeng Pidie Jaya))
Sri Deva Mahdalena, 150402106, FDK, BKI, 082335358376.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keharmonisan dalam rumah tangga merupakan dambaan setiap pasangan termasuk pasangan yang belum memiliki keturunan, namun banyak di antara pasangan yang belum memilki keturunan berakhir kepada percaraian, tapi ada beberapa pasangan yang belum memiliki keturunan tapi mampu menjaga keharmonisan rumah tangganya. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui pandagan suami istri menyangkut keharmonisan dalam keluarga, Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keutuhan dalam rumah tangga, Untuk mengetahui metode pasangan suami istri dalam mengatasi disharmonisasi akibat ketiadaan keturunan. Metode yang dingunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Pandangan suami istri meyangkut keharmonisan dalam rumah tangga di Gampong Coet Matang Tringgadeng Pidie Jaya kelima pasangan menyampaikan makna keharmonisan adalah keluarga yang selalu damai, tentram, seluruh keluarga merasakan kebahagiaan dan kebutuhan dalam rumah tangga terpenuhi. (2) Faktor yang menyebabkan keutuhan dalam rumah tangga di Gampong Coet Matang Tringgadeng Pidie Jaya secara internal adalah pasangan akan saling mengalah, saling mengerti dan memahami, secara eksternal lingkungan keluarga yang selalu memberi nasihat agar selalu baik dan rukun, masalah ekonomi tidak terlalu dijadikan masalah, saling menerima dan bersyukur, (3) Cara pasangan dalam mengatasi disharmonisasi akibat ketiadaan keturunan di Gampong Coet Matang Tringgadeng Pidie Jaya adalah tetap bersabar dan bersyukur atas apa yang Allah kehendaki untuk mereka dan yakin suatu saat akan diberikan keturunan yang baik, kelima pasangan juga menghabiskan waktu dengan berekreasi bersama dan mencari nafkah bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.301 Filosofi Perkawinan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sri Deva Mahdalena
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:17
Last Modified: 02 Nov 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14676

Actions (login required)

View Item View Item
TOP