Mekanisme Pengelolaan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Sigli

Zahratul Mahfudhah, 041300854 (2016) Mekanisme Pengelolaan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Sigli. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Mengkaji tentang mekanisme dalam pengelolaan dana pihak ketiga (DPK))
Full LKP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Bank Aceh Kantor Cabang Pembantu Syariah Sigli tempat penulis melaksanakan kerja praktik beralamatkan di Jl. Prof. A. Majid Ibrahim No. 2 Sigli ini lokasinya sangat strategis karena terletak diwilayah perkotaan Kab. Pidie. Selama menjalani job training pada PT. Bank Aceh Syariah KCP Sigli penulis di tempatkan pada bagian pembiayaan dan customer service. Selama ditempatkan pada bagian tersebut, kegiatan yang penulis lakukan adalah memberitahukan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil pembiayaan murabahah kepada nasabah serta membimbing nasabah untuk menandatangani akad pembiayaan dan berkas-berkas lainnya yang diperlukan untuk mengambil pembiayaan. Pada bagian customer service kegiatan yang penulis lakukan adalah memberitahukan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembukaan buku rekening giro, tabungan dan deposito. Adapun tujuan kerja praktik adalah untuk mengetahui mekanisme pengelolaan dana pihak ketiga pada Bank Aceh Syariah KCP Sigli. Cara yang dilakukan oleh Bank Aceh Syariah KCP Sigli dalam mengelola dana pihak ketiga yaitu bank menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan/ kredit. Bank menggunakan sistem bagi hasil dan sistem bonus dalam mengelola dana yaitu menggunakan akad wadiah dan akad mudharabah. Hasil evaluasi kerja praktik yang penulis lakukan pada Bank Aceh Syariah KCP Sigli dalam menjalankan prosedur kerjanya telah sesuai antara dan praktiknya yaitu dalam mengelola dana pihak ketiga bank menggunakan sistem bagi hasil dan sistem bonus, yaitu dengan menggunakan akad wadiah dan akad mudharabah. Hal ini terlihat dari akad yang di gunakan pada produk-produk yang tersedia pada Bank Aceh Syariah KCP Sigli seperti produk pembiayaan yang menggunakan akad Murabahah, produk tabungan yang menggunakan akad Mudharabah, serta produk garansi bank yang menggunakan akad Kafalah. Saran dari penulis kepada Bank Aceh Syariah KCP Sigli agar kedepannya Bank Aceh Syariah KCP Sigli dapat langsung memberikan pembiayaan kepada masyarakat tanpa melalui Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azharsyah, SE.Ak.,MS.OM; NIP. 197811122005011003 2. Ayumiati, SE.,M.Si; NIP. 197806152009122002
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana, PIhak Ketiga, Bank Aceh Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:28
Last Modified: 26 Jul 2017 08:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item
TOP