Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Potensi Berorganisasi Peserta Didik di MAN 1 Blang Pidie

Darma Putra Alqalidi, 140206116 (2020) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Potensi Berorganisasi Peserta Didik di MAN 1 Blang Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Potensi Berorganisasi Peserta Didik di MAN 1 Blang Pidie)
Darma Putra Alqalidi, 140206116, FTK, MPI, 082276504268.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Organisasi peserta didik merupakan satuan atau kelompok kerja sama para peserta didik yang dibentuk dalam usaha pencapaian tujuan yang sama, yaitu menwujudkan pembinaan kepeserta pendidikan. Agar tujuan pendidikan bisa tercapai yaitu dengan mengoptimalkan kepemimpinan kepala madrasah, karena kepemimpinan kepala madrasah sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan pendidikan. Jadi kepala madrasah juga sangat berperan dalam pengelolaan organisasi peserta didik di madrasah. Yang menjadi potensi bagi para peserta didik di MAN 1 Blang Pidie adalah untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam kegiatan OSIM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kepala madrasah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik di MAN 1 Blang Pidie. Untuk mengetahui proses pelaksanaan kepala madrasah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik di MAN 1 Blang Pidie. Untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam peningkatan potensi berorganisasi peserta didik di MAN 1 Blang Pidie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya meliputi Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, dan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala madrasah melakukan persiapan dalam mengelola organisasi peserta didik yaitu dengan melakukan musyawarah terhadap pengorganisasian peserta didik yang terdiri dari kepala madrasah, waka kesiswaan, orang tua wali dan para pembina atau pembimbing kegiatan pengorganisasian. Kemudian dalam pelaksanannya memberi arahan kepada waka kesiswaan, selebihnya waka kesiswaan memberikan pembinaan dan memberikan arahan kepada para pembimbing organisasi dan para pembimbing tersebut akan terjun langsung ke lapangan, memberi arahan dan bimbingan maupun melakukan kontroling terhadap peserta didik dalam berorganisasi. Adapun kendalanya adalah jarak tempuh dari peserta didiknya untuk mengikuti organisasi, karena kegiatan organisasi yang dilaksanakan diluar jam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ismail Anshari, M.A. Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Berorganisasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Darma Putra Alqalidi Putra Alqalidi
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:17
Last Modified: 12 Nov 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item
TOP