Nilai Filosofi Tradisi Ba Ranup Perspektif Masyarakat Aceh Barat (Studi Kasus Kecamatan Kaway XVI)

Ayu Yuwita, 150301050 (2020) Nilai Filosofi Tradisi Ba Ranup Perspektif Masyarakat Aceh Barat (Studi Kasus Kecamatan Kaway XVI). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Nilai Filosofi Tradisi Ba Ranup Perspektif Masyarakat Aceh Barat (Studi Kasus Kecamatan Kaway XVI)]
Preview
Text (Nilai Filosofi Tradisi Ba Ranup Perspektif Masyarakat Aceh Barat (Studi Kasus Kecamatan Kaway XVI))
Ayu Yuwita, 150301050, FUF, AFI, 082272220885 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Nilai “Nilai Filosofi Tradisi Ba Ranup Perspektif Masyarakat Aceh Barat Studi Kasus Kecamatan Kaway XVI” mengangkat sebuah masalah suatu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Kaway XVI pada saat melamar atau tunangan. Namun seiring berjalannya waktu tradisi Ba Ranup ini telah mengalami perubahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat tentang Tradisi Ba Ranup yang telah mengalami perubahan dan bagaimana nilai filosofi tradisi Ba Ranup. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa Tradisi ba ranup ini sudah membudaya dalam kehidupan masyarakat yang dilakukan secara turun-temurun dan mendarah daging dalam kehidupan masyarakat, mulai dari dulu hingga sekarang. Menurut beberapa masyarakat meyakini bahwa Ba Ranup yang telah mengalami perubahan boleh dijalankan selagi tidak bertentangan dengan syariat. Tetapi bagi sebagian masyarakat dan teungku melarang tradisi Ba Ranup yang telah mengalami perubahan. Keduanya juga menegaskan bahwa tradisi Ba Ranup boleh dilaksanakan ataupun tidak. tradisi ba ranup bukanlah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Fuadi, M. Hum, Pembimbing II : Drs. Miskahuddin, M. Si
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Ayu Yuwita
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:15
Last Modified: 10 Nov 2020 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14701

Actions (login required)

View Item
View Item