Karakteristik Spesies Karang Di Zona Litoral Pulau Dua Kecamatan Bakongan Timur Sebagai Pendukung Materi Kingdom Animalia Kelas X di SMAN 1 Bakongan Aceh Selatan

Ida Idlaini, 281324922 (2018) Karakteristik Spesies Karang Di Zona Litoral Pulau Dua Kecamatan Bakongan Timur Sebagai Pendukung Materi Kingdom Animalia Kelas X di SMAN 1 Bakongan Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Karakteristik Spesies Karang Di Zona Litoral Pulau Dua Kecamatan Bakongan Timur Sebagai Pendukung Materi Kingdom Animalia Kelas X di SMAN 1 Bakongan Aceh Selatan)
Ida Idlaini, 21324922, FTK, PBL, 082276714671.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi Kingdom Animalia filum Coelenterata khususnya Kelas Anthozoa di SMAN I Bakongan terkendala pada minimnya sumber belajar, serta tidak adanya data tentang spesies karang dan karakteristnya di lingkungan sekitar sekolah terutama di Zona Litoral Pulau Dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik spesies karang di Zona Litoral Pulau Dua, melihat respon siswa dan uji kelayakan terhadap buku dan video yang dihasilkan sebagai materi pendukung pada pembelajaran Kingdom Animalia di SMAN 1 Bakongan. Metode yang digunakan adalah metode survey ekploratif, dengan menggunakan transek garis (Line transek). Respon siswa menggunakan angket dari 20 siswa dan uji kelayakan dengan menggunakan angket. Analisis data karakteristik karang dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif naratif dalam bentuk tabel, gambar, morfologi deskripsi dan hirarki taksonomi. Data respon dan uji kelayakan di analisis dengam rumus persentase. Hasil penelitian diketahui jumlah spesies karang yang terdapat di zona litoral Pulau Dua Desa Ujong Pulo Rayek Kecamatan Bakongan Timur sebanyak 33 spesies dengan 17 genus yang berasal dari 11 famili. Respon siswa SMAN 1 Bakongan Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan terhadap pengunaan buku dan video tergolong sangat baik 83% dan uji kelayakan mendapatkan nilai sangat layak ( buku 83, 69% dan video 82,69%). Media buku dan video dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam belajar tentang Karakteristik spesies karang yang dijadikan sebagai pendukung materi pada Kingdom Animalia di SMAN 1 Bakongan khusus pada kelas Anthozoa yang merupakan hewan karang .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Karang, Pulau Dua, Zona litoral, Pendukung Materi Animalia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ida Idlaini
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:02
Last Modified: 10 Nov 2020 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14733

Actions (login required)

View Item View Item
TOP