Terapi Dakwah Al-Ghazali Dalam Penyembuhan Penyakit Sosial

Hardiyanti Safna, 160403060 (2020) Terapi Dakwah Al-Ghazali Dalam Penyembuhan Penyakit Sosial. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Terapi Dakwah Al-Ghazali Dalam Penyembuhan Penyakit Sosial)
Hardiyanti Safna, 160403060, FDK, MD, 082167352052.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Terapi Dakwah Al-Ghazali Dalam Penyembuhan Penyakit Sosial” adapun yang melatar belakangi skripsi adalah Allah menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna dari makhluk lainnya. Allah membekali manusia dengan akal yang mampu berpikir, hati yang mampu merasa, dan dilengkapi dengan bentuk fisik yang sempurna. Namun selain akal Allah juga menitipkn nafsu kepada manusia. Dalam kehidupan dunia manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya, sebagai makhluk sosial yang memiliki akal dan nafsu akan ada banyak keinginan-keinginan yang ingin dicapai dan dimiliki. Keinginan-keinginan tersebut apabila akal dan hati tidak dapat mengendalikannya maka akan timbul penyakit sosial, yaitu perjudian, mabuk-mabukan, penyalahgunaan narkoba, korupsi, pelacuran dan kriminalitas. penyakit sosial ini akan menjadi bencana besar yang dapat merusak ketentraman lingkungan makhluk sosial jika tidak segera mendapatkan terapi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana terapi dakwah menurut Al-Ghazali, untuk mengetahui upaya penyembuhan penyakit sosial menurut Al-Ghazali, dan untuk mengetahui keunggulan terapi dalam menyembuhkan penyakit sosial menurut Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penlitian keperpustakaan (library research). Sumber data primer dari ayat-ayat Al-Qur’an, kitap Ihya’ ‘Ulumuddin serta buku-buku yang memiliki pembahasan terkait dengan penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data meliputi data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Adapun hasil dari penelitian ini terapi dakwah menurut Al-Ghazali yaitu : shalat, zikir, membaca Al-Qur’an, zakat, puasa, taubat, dan sabar. Upaya penyembuhan penyakit sosial menurut Al-Ghazali dilakukan dengan cara : shalat yang khusyu’, zikir yang berkesinambungan, membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, berzakat dengan menyembunyikan dan merahasiakannya, puasa dengan mengendalikan hawa nafsu, taubat dengan bersungguh-sungguh, sabar dalam setiap kondisi. Keunggulan terapi dalam penyembuhan penyakit sosial menurut Al-Ghazali yaitu :dapat memperbaiki akhlak manusia, dapat mengembalikan manusia kepada jalan kebenaran dan mencegah dari kemungkaran, sesuai dengan syariat Islam dan bersifat fleksibel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi, dakwah, penyakit sosial
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Hardiyanti Safna
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:46
Last Modified: 03 Dec 2020 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14734

Actions (login required)

View Item View Item
TOP