Komparasi Metode Ceramah dan Metode Diskusi pada Pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya

Lisa Silvia, 150201202 (2020) Komparasi Metode Ceramah dan Metode Diskusi pada Pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Komparasi Metode Ceramah dan Metode Diskusi   pada Pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya]
Preview
Text (Komparasi Metode Ceramah dan Metode Diskusi pada Pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya)
Lisa Silvia, 150201202, FTK, PAI, 085359608580.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pembimbing bagi peserta didik harus memiliki kreatifitas dalam menguasai kelas, salah satu caranya yaitu dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Sebagai pendidik sudah seharusnya menerapkan metode-metode pembelajaran yang membuat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI di sekolah menyenangkan, dan selalu antusias. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ceramah dan metode diskusi pada pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya, untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara penerapan metode ceramah dan metode diskusi pada pembelajaran PAI Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode ceramah antara lain guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru mengemukakan pokok materi, guru memberikan apersepsi, guru memperhatikan siswa agar tetap konsentrasi, guru menyajikan pelajaran sistematis, guru menciptakan kegiatan belajar secara variasi, guru melakukan evalusi, guru membangkitkan motivasi, guru menggunakan media, guru membuat kesimpulan, guru memberikan kesempatan siswa menanggapi materi. Penerapan metode diskusi: guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru menentukan jenis diskusi, guru menetapkan masalah, guru memeriksa persiapan, guru memberikan pengarahan, guru melaksanakan diskusi, guru memberikan kesempatan, guru mengendalikan arah pembahasan, guru membuat kesimpulan. 2) Persamaan penerapan metode ceramah dan metode diskusi yaitu sama-sama menerapkan kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penutup. Perbedaan penerapan metode ceramah dan metode diskusi antara lain metode ceramah saat persiapan, guru menerapkan pokok materi, guru memberikan apersepsi. Sedangkan metode diskusi dalam persiapan guru menerapkan jenis diskusi, guru menetapkan masalah, dan guru mempersiapkan sesuatu yang berhubungan dengan diskusi. Dan penerapan metode ceramah dalam penutup, guru menyimpulkan materi pelajaran, guru memberi kesempatan menanggapi materi. Sedangkan penerapan metode diskusi guru membuat pokok bahasan sebagai kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Huwaida, S.Ag., M.Ag., Ph.D, Pembimbing II : Syafruddin, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Metode Diskusi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lisa Silvia
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:33
Last Modified: 10 Nov 2020 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14738

Actions (login required)

View Item
View Item