Pesan Dakwah Pada Pementasan Seni Teater Rongsokan UIN Ar-Raniry

Suhardiyono, 140401112 (2020) Pesan Dakwah Pada Pementasan Seni Teater Rongsokan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pesan Dakwah Pada Pementasan Seni Teater Rongsokan UIN Ar-Raniry)
Suhardiyono, 140401112, FDK, KPI, 082272602786.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pesan Dakwah pada Pementasan Teater Rongsokan UIN Ar-Raniry”. Dasar pemikirian yang melatarbelakangi adalah bahwa seni teater merupakan media yang mempunyai peran yang sangat penting dalam pelaksanaan dakwah Islam, karena media tersebut memiliki daya tarik yang dapat mengesankan hati pendengar maupun penontonnya. Melihat kenyataan yang demikian maka kesenian memiliki peranan yang tepat sehingga dapat mengajak kepada khalayak untuk menikmati dan menjalankan isi yang terkandung di dalamnya. Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah pementasan Teater Rongsokan selalu mengandung pesan berisi nilai-nilai dakwah, bagaimana upaya Teater Rongsokan melakukan dakwah melalui seni teater, dan sejauhmana pesan dan nilai dakwah dalam Teater Rongsokan yang diperankan. Dengan menggunakan metode kualitatif, pendekatan media dakwah, dan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif, pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Proses analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta dan karakteristik bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat dengan penggambaran keadaan atau status fenomena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Teater Rongsokan menggunakan seni teater sebagai media untuk berdakwah. Pementasan-pementasan yang dilakukan menceritakan realitas sosial kehidupan manusia yang didalamnya terdapat ajaran-ajaran yang bisa diambil manfaatnya. Pesan didalam berbagai pementasan Teater Rongsokan tidak dirancang khusus memiliki nilai formal dakwahnya tetapi pesan berisi mengajak kepada kebaikan, sosial, budaya, dan mengandung nilai-nilai ajaran Islam secara implisit. Pesan dan nilai dawah yang diperankan oleh seni Teater Rongsokan dapat digunakan sebagai media dakwah karena syair, dialog, dan adegan yang terpancar bernilai dakwah sehingga dapat dikatakan bahwa pesan seni Teater Rongsokan sebagai pesan yang bernilai dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ridwan Muhammad Hasan, 2. Fairus, S. Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Seni Teater, Media Dakwah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Suhardiyono Suhardiyono
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:32
Last Modified: 10 Nov 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item
TOP