Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan.

Nadia Elpiani, 150213094 (2020) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Samadua  Kabupaten Aceh Selatan.]
Preview
Text (Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan.)
Nadia Elpiani, 150213094, FTK, BK, 082274331165.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan persoalan penting dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Tanpa kedisiplinan, siswa tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Samadua Kabupaten Aceh selatan khususnya kelas XI IIS adalah kedisiplinan belajar yang rendah. Perilaku siswa yang terlihat mengenai disiplin belajar yang rendah antara lain terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk kelas, membolos pada saat jam pelajaran berlangsung, berbicara di kelas saat guru sedang menjelaskan pelajaran, tidak membuat tugas, mengerjakan PR di kelas, tidur di kelas pada saat proses belajar-mengajar berlangsung. Oleh karena itu peneliti menggunakan teknik self-management dalam upaya peningkatan kedisiplinan belajar, karena self-management adalah prosedur dimana individu mengatur perilakunya sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental (pra-eksperimen) dengan desain One group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS yang dikategorikan kedisiplinan belajarnya rendah. Kemudian didapatkan 9 sampel dengan kategori kedisiplinan belajar rendah melalui teknik purposive sampling untuk menangani kedisiplinan belajar yang rendah pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor Mean (rata-rata) pre-test sebelum diberikan treatment 90,56 dan Mean (rata-rata) post-test setelah diberikan treatment 140,78. Setelah itu diperoleh t hitung menggunakan Paired samples test adalah 17,038 dengan sig 0,00 < 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolak, dengan demikian kedisiplinan belajar siswa meningkat setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-management. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nadia Elpiani Nadia
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:32
Last Modified: 10 Nov 2020 04:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item
View Item