Syariat Islam Di Sekolah (Studi Terhadap Kebijakan Pemisahan Kelas Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh)

Suci Rahmi, 140305075 (2019) Syariat Islam Di Sekolah (Studi Terhadap Kebijakan Pemisahan Kelas Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Syariat Islam Di Sekolah (Studi TerhadapKebijakan Pemisahan Kelas Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh))
Suci Rahmi, 140305075, FUF, SA, 082363534397.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Syariat Islam merupakan keseluruhan peraturan atau hukum yang mengatur tata hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, manusia dengan alam, baik yang diterapkan dalam Al-Qur’an maupun hadits dengan tujuan terciptanya kemashlahatan, kebaikan hidup umat manusia di dunia dan di akhirat. Dan seiring berjalannya waktu perubahan terus terjadi di dalam sistem peraturan sekolah, hal ini disebabkan oleh dengan adanya Syariat Islam di Aceh, salah satunya terbentuk sistem pemisahan kelas di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Banda Aceh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan alasan kebijakan pemisahan kelas laki-laki dan perempuan di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Banda Aceh.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan metode pengumpulan data, maka penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam metode kualitatif adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Banda Aceh memberlakukan sistem tersebut pertama karena Aceh sebagai daerah Syariat Islam dan kedua untuk mencegah terjadinya fitnah dan pergaulan bebas yang tidak diharapkan karena dalam islam sangat menjaga pergaulan laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Samsul Bahri, S.Ag., M.Ag, Pembimbing II : Suarni, S.Ag., MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Suci Rahmi
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:26
Last Modified: 11 Nov 2020 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14770

Actions (login required)

View Item View Item
TOP