Penggunaan Multimedia Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh

Dhiya Rahmah Yus, 150201054 (2019) Penggunaan Multimedia Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Multimedia Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Multimedia Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh)
Dhiya Rahmah Yus, 150201054, FTK, PAI, 082129734664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Multimedia Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan multimedia pembelajaran PAI yang dilakukan guru dan sejauh mana peningkatan motivasi belajar yang dicapai siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran PAI dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-6 SMP Negeri 7 Banda Aceh tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa melalui penggunaan multimedia pembelajaran PAI pada sub bab materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan skala sikap siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan multimedia pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh telah membantu guru dalam usaha untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dimana hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I dengan menggunakan rumus nilai skor hasil mencapai 73,61 % yang termasuk dalam kriteria “baik” dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor hasil mencapai 91,66 % yaitu dengan kriteria “sangat baik” serta dari pengolahan data respon skala motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada siklus I mencapai 56,42 % yang termasuk dalam kriteria “cukup termotivasi” dan pada siklus II dengan menggunakan multimedia pembelajaran PAI, persentase respon skala motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI meningkat menjadi 79,60 % termasuk dalam kriteria “sangat termotivasi”. Dengan demikian, penggunaan multimedia pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII-6 di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Multimedia pembelajaran PAI dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran PAI di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Suyanta, M.Ag, Pembimbing II : Izzati, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran, PAI dan Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhiya Rahmah Yus
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:25
Last Modified: 11 Nov 2020 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item
View Item