Tinjuan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pulsa Paket Data Internet Pedagang Di Gampong Kopelma Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh

Suhaimy, 160102197 (2020) Tinjuan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pulsa Paket Data Internet Pedagang Di Gampong Kopelma Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Tinjuan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Praktik     Jual Beli Pulsa Paket Data Internet Pedagang Di Gampong Kopelma Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh]
Preview
Text (Tinjuan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pulsa Paket Data Internet Pedagang Di Gampong Kopelma Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh)
Suhaimy, 160102197, FSH, HES, 081264699703 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan bentuk kecurangan dan ketidakjelasan pelaku usaha yang jika terus dibiarkan akan semakin merugikan konsumen. Kenyataannya konsumen belum mendapatkan pelayanan yang maksimal, sehingga konsumen selalu terabaikan oleh tingkah pelaku usaha yang melakukan kecurangan, hanya karena ingin mendapatkan keuntungan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum ekonomi islam terhadap praktik jual beli pulsa paket data internet pedagang di Gampong Kopelma Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Dan data yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktik jual beli masa aktif paket data internet di Konter Desa Kopelma Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, pembeli datang langsung ke tempat tersebut. Di tempat tersebut pembeli dapat memilih paket data yang akan digunakan dan dibeli. Harga dan produknya pun berbeda-beda, tergantung paket data dan jumlah kuotanya, serta masa aktif yang lamanya berapa bulan. Produk-produk yang dijual tersebut antara lain ada Simpati, XL, Axis, Tri, Indosat, Smartfren dan produk-produk lainnya. Setelah menemukan paket data internet yang ingin digunakan kemudian pembeli memulai transaksi. Hukum jual beli pulsa data internet oleh pedagang di wilayah Kopelma Darussalam sah dan telah sesuai dengan rukun dan syarat-syarat jual beli. Akan tetapi ada beberapa penjual yang tidak menyampaikan informasi yang benar sehingga terjadi kerugian bagi pihak pembeli seperti masa aktif atau masa berlaku paket yang lebih singkat dari waktu yang telah disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc. MA, Pembimbing II : Gamal Achyar, Lc. MA
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Paket Data Internet
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Suhaimy Suhaimy
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:47
Last Modified: 11 Nov 2020 04:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item
View Item