Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah.

Rani Fahlevi, 140201120 (2019) Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah.]
Preview
Text (Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah.)
Rani Pahlevi, 140201120, FTK, PAI, 082361346547.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberikan makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah, menuju manusia yang seutuhnya. Pendidikan Agama Islam merupakan bagian pendidikan yang amat penting yang berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak dan keagamaan. Seperti halnya yang terjadi di sekolah SMAN 1 Bandar masih terdapat siswa-siswi yang masih kurang kecerdasan spritualnya, seperti di sekolah, masih banyak siswa yang menyontek, kurang disiplin, dan masih ada budaya buli-membuli sesame temannya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimanakah peran guru pendidikan agama Islam dalam proses meningkatkan kecerdasan spiritual di SMAN 1 Bandar. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis mengunakan jenis penelitian pustaka (library reseach), dan lapangan (field reseach), yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner angket. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan Sejalan dengan hasil angket yang diberikan kepada siswa kecerdasan spiritual siswa dikelas XI IPS 1 dan XI IPA 1 tergolong dalam keadaan baik, akan tetapi yang lebih menonjol dan meningkat lebih kepada kelas XI IPA 3, hal ini terlihat dari kesungguhan siswa dalam menjalankan ibadah wajib yang dilakukan setiap hari ketika di sekolah. Dan Peran guru PAI di SMAN I Bandar sudah sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di lihat dari kontibusi, program dan lainnya yang sudah sangat menunjang peningkatan kecerdasan spiritual pesertadidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Silahuddin.,M.Ag, Pembimbing II : Tabrani ZA.,S.Pd.I.,M.SI.,MA.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan; Spiritual; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rani Pahlevi
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:17
Last Modified: 12 Nov 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item
View Item