Dakwah Visual Muslim Designer Community Banda Aceh (Analisis Konten Dakwah Visual Pada Akun Instagram Muslim Designer Community Banda Aceh)

Khairul Azmi, 160401130 (2020) Dakwah Visual Muslim Designer Community Banda Aceh (Analisis Konten Dakwah Visual Pada Akun Instagram Muslim Designer Community Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Dakwah Visual Muslim Designer Community Banda Aceh (Analisis Konten Dakwah Visual Pada Akun Instagram Muslim Designer Community Banda Aceh))
Khairul Azmi, 160401130, FDK, KPI, 082362805543.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dakwah Visual Muslim Designer Community Banda Aceh (Analisis Konten Dakwah Visual Pada Akun Instagram Muslim Designer Community Banda Aceh)”. Penelitian ini mengkaji tentang konten dakwah visual yang terkandung di dalam akun Instagram @mdcbandaaceh. Derasnya arus globalisasi membawa manusia kepada era digital, dimana segala sesuatu menjadi internet of things, berbagai bentuk kegiatan berubah menjadi serba portable, software dan digital tak terkecuali di bidang komunikasi, lahirnya internet menciptakan teknologi yang membuat media komunikasi terus berkembang dengan sanga pesat seperti lahirnya platform media sosial yang memungkinkan penggunanya saling berbagi pesan dalam bentuk gambar visual bahkan audio visual. Muslim Designer Community Banda Aceh memanfaatkan Instagram sebagai media mereka berdakwah, di akun Instagram mereka terlihat banyak unggahan gambar visual berkonten dakwah yang mereka desain dengan sangat menarik, pesan dakwah terkesan sangat ringan dan tidak monoton. Adapun tujuan dari penelitian ini ada untuk mengetahui bagaimana pesan-pesan dakwah yang ada di akun Instagram @mdcbandaaceh serta bagaimana teknik desain yang mereka gunakan untuk menciptakan sebuah poster dakwah. Untuk memperoleh hasil dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan content analysis (analisis isi) untuk mengetahui isi pesan dakwahnya, kemudian juga penulis melakukan observasi teradapat unggahan posternya untuk mengetahui bagaimana teknik yang mereka gunakan untuk mendesain konten dakwah visual. Hasil penelitian ini yaitu, pada akun Instagram Muslim Designer Community Banda Aceh terdapat beberapa pesan dakwah seperti, pesan akidah, akhlak, syariah dan pesan motivasi. Kemudian, dalam mendesain gambar visual berkonten dakwah, MDC Banda Aceh terlihat banyak menggunakan teknik menggabungkan unsur-unsur desain dan prinsip desain. Kebanyakan poster dakwah visual didesain menggunakan teknik tipografi dan ilustrasi, teknik ilustrasi ini bisa berupa fotografi atau drawing (gambar) dan gabungan keduanya sehingga menghasilkan konten dakwah visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Visual, Analisis Isi, Desain
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khairul Azmi Azmi
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:01
Last Modified: 18 Nov 2020 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item
TOP