Analisis Hukum Pidana Islam Terhadap Penggunaan Alat Bukti Rekaman Video CCTV

Sidiq Munadial Haque, 150104069 (2020) Analisis Hukum Pidana Islam Terhadap Penggunaan Alat Bukti Rekaman Video CCTV. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Hukum Pidana Islam Terhadap Penggunaan Alat Bukti Rekaman Video CCTV)
Sidiq Munadial. 150104069, FSH, HPI, 08999787496.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembahasan tentang rekaman video CCTV yang berfungsi sebagai alat pemantau untuk merekam semua kejadian. Adanya alat ini sangat bermanfaat sebagai sumber keterangan jika terjadi tindak kejahatan pidana. Maka dari itu di zaman teknologi ini, rekaman video ini kemudian mulai masuk ke ranah hukum, rekaman video ini sangat bermanfaat sebagai sumber keterangan jika terjadi tindak kejahatan pidana. Tak jarang rekaman video ini digunakan sebagai alat bukti di dalam suatu persidangan, namun yang menjadi masalah ialah keberadaan rekaman video ini tidak terdapat di dalam KUHAP pasal 184 tentang macam-macam alat bukti, tidak terdapat di dalam hukum Islam, dan juga rekaman video ini sangat rentan sekali di rekayasa untuk tujuan dan maksud tertentu, maka dari itu menarik untuk penulis menelitinya, sehingga muncul pertanyaan bagaimana penggunaan alat bukti rekaman video CCTV dalam persidangan tindak pidana pembunuhan berencana dalam Putusan Nomor 465/Pid.B/2019/PN Smg?, bagaimana analisis hukum pidana Islam terhadap penggunaan alat bukti rekaman video CCTV dalam persidangan tindak pidana pembunuhan berencana dalam Putusan Nomor 465/Pid.B/2019/PN Smg? Metode yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah metode library research. Hasil dari penelitian ini Penggunaan alat bukti rekaman video CCTV dalam Putusan Nomor 465/Pid.B/2019/PN Smg dapat dijadikan alat bukti hukum yang sah dan dalam penggunaannya di gunakan sebagai alat bukti petunjuk oleh hakim di dukung dengan keterangan para saksi dan keterangan para ahli, yang mana para saksi dan ahli telah di sumpah untuk memberikan keterangan yang sebenarnya-benarnya di dalam persidangan, sehingga dapat meyakinkan hakim atas kebenaran adanya suatu tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa. Penggunaan rekaman Video CCTV di dalam Putusan Nomor 465/Pid.B/2019/PN Smg dapat digunakan sebagai alat bukti petunjuk atau qarīnah yang menguatkan bukti lain. Penggunaan alat bukti rekaman video CCTV di dalam hukum pidana Islam termasuk ke dalam kategori bayyinah yang bermakna segala sesuatu yang bisa menunjukkan kebenaran suatu peristiwa atau tindakan, dalam penggunaannya termasuk ke dalam alat bukti Qarīnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Ali Abubakar, M.Ag, Pembimbing 2 : Gamal Achyar, Lc., M.Sh
Uncontrolled Keywords: Rekaman Video CCTV, qarīnah, Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.6 Hukum Peradilan (Qada`) > 2X4.63 Kesaksian dan Barang Bukti
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Sidiq Munadial Haque
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:42
Last Modified: 16 Nov 2020 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item
TOP