Manajemen Pengelolaan Dana di Masjid Darul Falah Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Samsuwir, 431106357 (2016) Manajemen Pengelolaan Dana di Masjid Darul Falah Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang dana mesjid di Masjid Darul Falah Gampong Pineung)
Samsuwir.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian skripsi ini adalah Manajemen Pengelolaan Dana di Masjid Darul Falah Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Manajemen pengelolaan dana masjid adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, berdasarkan ketetapan ataupun acuan yang telah ditentukan pada saat penyusunan perencanaan awal yang pelaksanaanya mendukung perencanaan mengenai dana masjid. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan dana di Masjid Darul Falah Gampong Pineung Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh serta untuk mengetahui hambatan apa saja dalam pengelolaan dana di masjid tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang pada hakikatnya adalah mengamati orang dalam hidupnya, berinteraksi dengan mereka dan berusaha untuk memahaminya. Sumber data diperoleh melalui kegiatan penelitian lapangan (field research) dan perpustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan dana di Masjid Darul Falah Gampong Pineung sudah baik meliputi penyimpanan dan pengeluaran dananya. Mengenai hambatan, tidak adanya hambatan yang berarti dalam masalah dana di Masjid Darul Falah Gampong Pineung, namun hambatan di luar pendanaan masih menjadi perhatian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Maimun Ibrahim, MA; NIP.195309061989031001. 2. Sakdiah, M.Ag; NIP.197307132008012007.
Uncontrolled Keywords: Masjid Darul Falah, Dana Masjid, Sistem Pengelolaan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:58
Last Modified: 25 Jul 2017 05:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item
TOP