Kewajiban Partai Politik Lokal Dalam Memberikan Pendidikan Politik Bagi Kader Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik (Studi Terhadap Partai Nanggroe Aceh Dan Partai Aceh)

Lisunna Tina, 160105092 (2020) Kewajiban Partai Politik Lokal Dalam Memberikan Pendidikan Politik Bagi Kader Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik (Studi Terhadap Partai Nanggroe Aceh Dan Partai Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kewajiban Partai Politik Lokal Dalam Memberikan Pendidikan Politik Bagi Kader Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik (Studi Terhadap Partai Nanggroe Aceh Dan Partai Aceh)]
Preview
Text (Kewajiban Partai Politik Lokal Dalam Memberikan Pendidikan Politik Bagi Kader Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik (Studi Terhadap Partai Nanggroe Aceh Dan Partai Aceh))
Lisunna Tina, 160105092, FSH, HTN, 085361918986.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan politik merupakan proses pendidikan bagi seseorang agar memahami tentang status dan kedudukan secara politik dalam masyarakat yang berupa pemahaman terkait dengan bernegara dan berbangsa. Konsep pendidikan politik bagi para kader dalam suatu partai politik atau partai lokal merupakan hal yang penting untuk diberikan. Dalam Undang-Undang Partai Politik serta dalam Undang-Undang Pemerintahan Aceh juga disebutkan mengenai pendidikan politik bagi kader dan juga masyarakat. Persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk pendidikan politik yang diberi oleh partai lokal aceh terkhusus Partai Nanggroe Aceh dan Partai Aceh kepada para kader, serta bagaimana pendidikan politik yang dilakukan oleh kedua partai lokal jika dilihat berdasarkan Undang-Undang Partai Politik dan bagaimana pandangan politik Islam terkait pendidikan politik. Dalam penulisan ini menggunakan metode yuridis empiris, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan melakukan wawancara kepada kader Partai, Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kesimpulan penelitian ini bahwa kedua partai lokal Aceh sebagaimana pemberian pemahaman pendidikan politik yang berupa pemahaman 4 pilar berbangsa dan bernegara, mengenai hak dan kewajiban warga negara serta mengenai pengkaderan yang berjenjang dan berkelanjutan sudah dijalankan dengan sebaiknya. Serta mereka juga memberikan pemahaman terkait dengan sejarah dan awal mula terbentuknya partai. Dalam tinjauan politik hukum Islam pendidikan politik atau dunia politik tidak bisa terlepas dari Agama sehingga apa saja yang dilakukan harus beriiringan dengan Agama. Kedua partai lokal Aceh sudah melakukan hal tersebut dikarenakan kedua partai lokal ini berdiri di wilayah yang menerapkan syariat maka dari itu apa saja yang dilakukan harus terdapat unsur Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Kamaruzzaman, M. SH, Pembimbing II : Syarifah Rahmatillah, S.Hi. MH
Uncontrolled Keywords: Partai Politik Lokal, Pendidikan Politik, Partai Nanggroe Aceh dan Partai Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Lisunna Tina
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:31
Last Modified: 16 Nov 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item
View Item