Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Kompetensi Individu Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Pesisir Di Kota Banda Aceh

Doni Riski, 150603068 (2019) Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Kompetensi Individu Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Pesisir Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Kompetensi Individu Terhadap Tingkat  Literasi Keuangan Syariah Pada  Masyarakat Pesisir Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Kompetensi Individu Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Pesisir Di Kota Banda Aceh)
Doni Riski, 150603068, FEBI, PS, 081361375409.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan dan kompetensi individu baik secara bersama-sama maupun secara terpisah terhadap tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat pesisir di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yaitu kepada masyarakat pesisir di kota Banda Aceh. Metode analisis regresi berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama pengetahuan, kepercayaan dan kompetensi individu berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat pesisir di kota Banda Aceh dengan nilai R Square sebesar 67,9% sehingga terdapat 32,1% faktor lain yang mempengaruhi literasi keuangan syariah. Hasil penelitian selanjutnya secara parsial pengetahuan memiliki pengaruh sebesar 42,1% dan kompetensi individu memiliki pengaruh sebesar 21,1% terhadap tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat pesisir di kota Banda Aceh, sedangkan kepercayaan tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat pesisir di kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ayumiati, SE., M.Si Pembimbing II : Evriyenni, S.E., M. Si
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Doni Riski Doni
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:21
Last Modified: 20 Nov 2020 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item
View Item