Strategi Guru dalam Menanamkan Aqidah Pada Siswa Kuttab Al-Fatih Aceh

Nadia Afriani, 211323844 (2020) Strategi Guru dalam Menanamkan Aqidah Pada Siswa Kuttab Al-Fatih Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of tentang Strategi Guru dalam Menanamkan Aqidah]
Preview
Text (tentang Strategi Guru dalam Menanamkan Aqidah)
Nadia Afriani, 211323844, FTK, PAI, 085270524593.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Aqidah merupakan aspek utama dalam mendidik para siswa, sebab dengan adanya Aqidah yang kokok, maka anak didik akan mengetahui adanya kekuatan yang menguasainya yaitu Allah Swt. Dengan demikian, peranan guru sangat menentukan dalam menyampaikan pendidikan Aqidah kepada anak didik. Permasalahan dalam penelitian adalah melihat secara seksama bagaimana strategi guru dalam menanamkan aqidah pada siswa di sekolah dasar Kuttab al-Fatih Aceh.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang strategi guru dalam menanamkan aqidah pada siswa di sekolah dasar Kuttab al-Fatih Aceh.Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada sistem pendidikan pada awal Islam, yang memiliki dua sistem pengajaran. Pertama, Kuttab pra-Islam yaitu sebahagian besar tenaga pengajarnya beragama non-Islam; Kedua, Kuttab pada masa Islam, dimana pengajarannya berlandaskan al-Quran dan prinsip-prinsip Islam lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan metode pengumpulan data dari wawancara, dan dokumentasi, dan penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pembelajaran di Kuttab al-Fatih Aceh dengan berlandas kan pada prinsip pengajaran hadits Rasulullah Saw, yaitu iman (aqidah) sebelum al-Quran, dan adab sebelum ilmu, yang akan melahirkan generasi yang kokoh, berakhlak mulia, dan berilmu. Strategi guru dalam menanamkan Aqidah kepada siswa di Kuttab al-Fatih Aceh terbagi kepada lima jenis, diantaranya meliputi, melakukan perencana secara matang dengan mempertimbangkan segala aspek, mengutamakan keteladanan dalam bertindak, melakukan pembiasaan secara Rutin dalam Etika Pembelajaran dan Pergaulan, menyampaikan kisah-kisah Islami kepada Murid, Melakukan dan Menerapkan pembelajaran yang menarik melalui komunikasi demontrasi di outing class.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Husnizar, S.Ag., M.Ag. 2. Ramli, S.Ag., M.H.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, MenanamkanAqidah, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Afriani
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:12
Last Modified: 17 Nov 2020 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item
View Item