Evaluasi Kualitas Air Pada Sistem Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Bukit Kab. Bener Meriah

Lismawati, 150702022 (2020) Evaluasi Kualitas Air Pada Sistem Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Bukit Kab. Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Evaluasi Kualitas Air Pada Sistem Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Bukit Kab. Bener Meriah)
Lismawati, 150702022, FST, TL, 085262749285.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tidak tersedianya sistem penyediaan air minum, membuat masyarakat mendirikan sistem pengelolaan air bersih berbasis masyarakat secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi eksisting pada dua sistem pengelolaan air bersih berbasis masyarakat di Kecamatan Bukit dan untuk mengetahui kualitas air ditinjau dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Nomor 32 tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan dengan mengambil sampel air dan mengujinya di Laboratorium UPTD Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan, serta wawancara. Lokasi penelitian berada di Kampung Bale Atu dan Kampung Hakim Tunggul Naru. Parameter yang diuji yaitu fisika (bau, rasa, suhu, kekeruhan, zat padat terlarut), kimia (pH, besi, fluorida, kadmium, kesadahan, klorida, mangan, seng, sianida, timbal dan zat organik) dan biologi (Total Coliform dan Escherichia coli) dari 8 titik sampling. Hasil penelitian ini menunjukan parameter fisika dan kimia sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Untuk parameter biologi, pada titik intake Kampung Bale Atu tidak ditemukan adanya kandungan Total Coliform dan Escherichia coli, sedangkan pada titik intake Kampung Hakim Tunggul Naru terdapat bakteri Escherichia coli. Rekomendasi untuk perbaikan sistem pengelolaan air bersih berbasis masyarakat di Kecamatan Bukit Kab. Bener Meriah adalah pengolahan dengan metode desinfeksi menggunakan klor sebanyak 36 kg/hari didasari oleh perhitungan matematis yang telah peneliti lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Aulia Rohendi, S.T., M.Sc. Pembimbing II : Adian Aristia Anas, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Air, Air Bersih, SPAM, Klorinasi.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Lismawati Lismawati
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:49
Last Modified: 18 Nov 2020 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14842

Actions (login required)

View Item View Item
TOP