Keterlibatan Perempuan Dalam Usaha Penambangan Kerikil Di Gampong Gunung Ketek Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Vivi Ayu Sundari, 150404022 (2019) Keterlibatan Perempuan Dalam Usaha Penambangan Kerikil Di Gampong Gunung Ketek Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keterlibatan Perempuan Dalam Usaha Penambangan Kerikil Di Gampong Gunung Ketek Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Keterlibatan Perempuan Dalam Usaha Penambangan Kerikil Di Gampong Gunung Ketek Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan)
Vivi Ayu Sundari, 150404022, FDK, PMI, 085359411787.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Karya tulis ilmiah ini berjudul Keterlibatan perempuan dalam Usaha Penambangan Kerikil di Gampong Gunung Ketek Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Perempuan adalah ibu dan isteri dalam sebuah rumah tangga, mereka berperan sebagai pendidik anak, mengurus rumah, dan menjaga semua harta yang ada di rumah. Itulah peran utama perempuan. Mereka tidak di bebankan mencari rezeki karena itu adalah tugas suami. Namun dalam kenyataannya di Gampong Gunung Ketek Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan perempuan banyak mempunyai fungsi ganda, selain mlaksanakan tugas pokok di rumah, mereka juga harus bekerja mencari uang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode field research, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan interview (wawancara) secara mendalam yang terkait dengan penelitian ini, serta observasi (pengamatan)dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perempuan penambang kerikil di Gampong Gunung Ketek Kecamatan samadua selain menjadi ibu rumah tangga perempuan juga bekerja membantu suami mereka dalam meningkatkan ekonomi keluarga, baik untuk menambah atau membiayai kebutuhan sehari-hari, pendidikan anak-anaknya dan lain sebagainya. Kendala yang di hadapai perempuan penambang kerikil dalam melakukan proses penambang kerikil di sungai yaitu kondisi kesehatan dan meluapnya air sungai. Perempuan yang bekerja sebagai penambang kerikil di sebabkan oleh faktor kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Penambang, Kerikil
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Depositing User: Vivi Ayu Sundari
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:32
Last Modified: 18 Nov 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item
View Item