Perancangan Kantor Bupati Aceh Barat

Rizki Ambiya, 140701043 (2019) Perancangan Kantor Bupati Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pembangunan)
Rizki Ambiya, 140701043, FST, SA, 082249934560.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Aceh adalah sebuah provinsi yang wilayahnya terbagi atas daerah kabupaten dan daerah kota. Setiap daerah kabupaten dan daerah kota mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang. Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Aceh yang dalam proses pembangunannya mengalami kemajuan dan perkembangan yang cukup signifikan, baik dari sektor ekonomi, sosial budaya, maupun politik. Pemekaran wilayah dapat dikatakan sebagai satu langkah pemerintah yang strategis untuk meningkatkan pelaksanaan tugas-tugas pemerintah baik dalam rangka pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan menuju terwujudnya suatu tatanan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.
Berdasarkan RTRW, Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu daerah rawan bencana banjir. Banjir adalah salah satu bencana yang paling sering terjadi, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Woyla Kabupaten Aceh Barat dengan panjang 21,15 km. Secara administrasi DAS Krueng Woyla melalui Gampong Suak Seumaseh Kecamatan Samatiga, Gampong Peuribu, Kecamatan Arongan, Gampong Cot Lagan, Kecamatan Woyla.
Oleh karena itu kabupaten Aceh Barat memerlukan sebuah perkantoran baru dengan fungsi mixed-use, yang nantinya selain berfungsi sebagai kantor pusat pelayanan admnistrasi masyarakat juga akan menjadi sebuah bangunan dengan fungsi evakuasi sehingga dapat merespon permasalahan kebencanaan, sosial dan lingkungan masyarakat setempat. Rancangan bangunan perkantoran ini diharapkan selain berfungsi untuk masyarakat, juga memberikan kontstribusi untuk kabupaten Aceh barat, khususnya Gampong Cot Lagan, Kecamatan Woyla.
Tema yang akan digunakan pada Perancangan Kantor Bupati Aceh Barat adalah Escape Building. Escape Building adalah arsitektur yang dalam penerapannya berkaitan dengan pertimbangan-pertimbangan tanggap bencana terhadap bencana alam yang terjadi disuatu daerah yang dirancang berdasarkan ketentuan atau standar bangunan evakuasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Elysa Wulandari, M.T, Pembimbing II : Said Mahathir, S.T,.M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Aceh Barat, Pemekaran Daerah, Daerah Rawan Banjir, Escape Building.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Rizki Ambiya
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:16
Last Modified: 18 Nov 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item View Item
TOP