Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengarahkan Minat dan Bakat Siswa SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar

Cut Filzah Azriana, 150213022 (2019) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengarahkan Minat dan Bakat Siswa SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengarahkan Minat dan Bakat Siswa SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar)
Cut Filzah Azriana, 150213022, FTK, BK, 082318368613.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Minat dan bakat merupakan suatu yang memiliki peranan penting dalam pengembangan potensi dan pengembangan diri siswa. Namun saat ini banyak siswa/i tidak mengetahui minat dan bakat dirinya sendiri. Guru Bimbingan dan Konseling memiliki peranana penting dalam pengembangan minat dan bakat siswa sehingga siswa/i mengetahui dengan baik arah pengembangan minat dan bakatnya sesuai dengan strategi yang digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengarahakan minat dan bakat siswa/i dan bagaimana kerjasama personil sekolah dengan guru Bimbingan dan Konseling dalam pelaksanaan program minat dan bakat di SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya pengarahan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan minat dan bakat pada siswa/i di SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar dan untuk melihat bagaimana kerjasama antara personil sekolah dengan guru Bimbingan danKonseling dalam menjalankan program minat dan bakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan : observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru Bimbingan dan Konseling, 1 orang kepala sekolah, dan 4 siswa kelas VI di SMAN Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling menggunakan metode seperti mengindentifikasi data siswa, melakukan kegiatan penempatan, kegiatan pengembangan, kemudian kegiatan evaluasi untuk di lihat sejauh mana siswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya dan semua metode sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mashuri, S.Ag., M. A, Pembimbing II : Khairiah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Minat, dan Bakat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Cut Filzah Azriana
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:16
Last Modified: 18 Nov 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14861

Actions (login required)

View Item View Item
TOP