Analisis Penerapan Manajemen Risiko Produk Gadai Emas (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulee Kareng)

Boyhaki, 150603155 (2019) Analisis Penerapan Manajemen Risiko Produk Gadai Emas (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulee Kareng). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Penerapan Manajemen Risiko Produk Gadai Emas (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulee Kareng)]
Preview
Text (Analisis Penerapan Manajemen Risiko Produk Gadai Emas (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulee Kareng))
Boyhaki, 150603155, FEBI, PS, 081219101280.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Penerapan Manajemen Risiko Produk Gadai Emas (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulee Karang)”, bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen risiko pada produk gadai emas, kendala yang terjadi pada penerapan manajemen risiko produk gadai emas untuk mengetahui solusi yang diterapkan pihak intenal bank terhadap risiko yang terjadi pada produk gadai emas di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulee Kareng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa risiko yang paling krusial atau yang berpengaruh dalam produk gadai emas antara lain Risiko Pasar, Risiko Likuiditas, Risiko operasional, Risiko Kredit dan Risiko Reputasi. Diantara kelima risiko di atas ada tiga jenis risiko yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap produk gadai emas yaitu Risiko Pasar, Risiko Operasional dan Risiko Kredit. Penerapan manajemen risiko pada produk gadai emas dilihat dari identifikasi risiko seperti memfokuskan pada ke tiga aspek seperti keamanan, fluktuasi harga emas, dan keakuratan penaksiran, karena proses inilah yang paling penting dalam proses pembiayaan gadai emas. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng terbukti sudah secara efektif menerapkan sistem manajemen risiko walaupun masih ada beberapa kekurangan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Israk Ahmadsyah, B. Ec. M. Ec. M.Sc, Pembimbing II : Riza Aulia, SE., M. Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penerapan Manajemen Risiko, Produk Gadai Emas.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Boyhaki Boyhaki
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:42
Last Modified: 20 Nov 2020 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item
View Item