Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Sabang

Nuri Halimah, 140209070 (2019) Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Sabang. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Media Audio Visual untuk  Meningkatkan Minat dan  Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Sabang]
Preview
Text (Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Sabang)
Nuri Halimah, 140209070, FTK, PGMI, 081260754099.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Adapun yang melatar belakang muncul judul ini karena ada unsur yang amat penting dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatakan minat dan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan media audio visual sehingga menarik perhatian siswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah minat dan hasil belajar siswa sebelum penggunaan media audio visual, dan apakah minat dan hasil belajar siswa setelah penggunaan media audio visual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan sebelum dan setelah penggunaan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar. Jenis penelitian digunanakan dalam skripsi ini adalah penelituan true experiment (penelitian sungguhan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yaitu IVA yang berjumlah 25 siswa dan IVB yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi minat siswa serta pre-test (tes awal) dan posttest (tes akhir). Teknik analisis data untuk minat siswa menggunakan skor presentase dan untuk hasil belajar menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji mann whitney dan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian untuk minat siswa presentase siswa menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual dengan kriteria 4 (jika sangat benar) 56% kelas eksperimen dan 13% kelas kontrol , 3 (jika benar) 27% kelas eksperimen 22% kelas kontrol , 2 (jika kadang-kadang) 13% kelas ekperimen dan 47% kelas kontrol, dan 1 (jika tidak) 4%kelas ekperimen 18% kelas kontrol. Hasil belajar dengan skor rata-rata postest kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 90,14 dengan skor rata-rata postest 34,31 pada kelas kontrol.. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV MIN Sabang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Irwandi,S.Pd.I,M.A, Pembimbing II : Fakhrul Rijal,S.Pd.I,M.A
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Minat dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuri Halimah
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:48
Last Modified: 20 Nov 2020 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14887

Actions (login required)

View Item
View Item