Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Sri Maya Devi, 140208185 (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar)
Sri Maya Devi, 140208185, FTK, PKM, 082272746599.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik, dimana peserta didik diharapkan memiliki kemampuan untuk menggali informasi melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kimia belum lengkap dan LKPD yang terdapat di sekolah tidak sesuai dengan kurikulum 2013. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas LKPD berbasis discovery learning pada materi termokimia di MAS Darul Ihsan yang dikembangkan, (2) Bagaimana respon guru terhadap LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan pada materi termokimia di MAS Darul Ihsan, dan (3) Bagaimana respon siswa terhadap LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan pada materi termokimia di MAS Darul Ihsan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata sebesar 91,66% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil angket respon guru diperoleh jumlah persentase sebesar 70% sangat setuju, 30% setuju. Hasil angket respon siswa diperoleh jumlah persentase sebesar 32,39% sangat setuju, 61,26% setuju, 6,25% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan pada materi termokimia dapat digunakan di MAS Darul Ihsan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar Amsal, M.Pd, Pembimbing II : Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, Termokimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sri Maya Devi
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:59
Last Modified: 23 Nov 2020 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item
View Item