Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Di PAUD Teungku Chik Lamkuta Aceh Besar

Fitriana, 140210055 (2019) Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Di PAUD Teungku Chik Lamkuta Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan  Kecerdasan   Interpersonal Anak]
Preview
Text (Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak)
Fitriana, 140210055, FTK, PIAUD, 085360021631.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan yang ada dalam diri anak yang harus ditingkatkan sehingga anak dapat bekembang dengan optimal. Permasalahan yang terjadi di Paud Teungku Chik Lamkuta ditemukan hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal anak belum optimal, seperti anak berkerjasama, menjalin komunikasi dan mengorganisasi teman serta metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga kecerdasan interpersonal anak belum meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dan peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode proyek pada anak kelompok B di PAUD Teungku Chik Lamkuta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang anak. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan nilai rata-rata 2,77 dengan kategori Baik dan siklus II mendapatkan nilai rata-rata maksimal 4 dengan kategori BSB. Hasil observasi siklus I peningkatan kecerdasan anak mencapai 64%, dan siklus II didapatkan hasil peningkatan kecerdasan interpersonal anak mencapai 91% dengan kategori BSB. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak tidak terlepas dari aktivitas guru dalam pembelajaran yang menyediakan berbagai kegiatan proyek yang bervariasi, guru mengajak dan memotivasi anak untuk berkerjasama, menjalin kontak dan mengorganisasi teman. Dengan demikian hasil observasi menunjukkan dengan penerapan metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Heliati Fajriah, M.A 2. Dewi Fitriani, M. Ed
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Fitriana
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:18
Last Modified: 23 Nov 2020 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14893

Actions (login required)

View Item
View Item