Dayah sebagai Lembaga Pendidikan Agama Islam Masyarakat Aceh Perspektif Hasbi Amiruddin

Khairil Yuliansyah, 160201040 (2020) Dayah sebagai Lembaga Pendidikan Agama Islam Masyarakat Aceh Perspektif Hasbi Amiruddin. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Dayah sebagai Lembaga Pendidikan Agama Islam Masyarakat Aceh Perspektif Hassbi Amiruddin]
Preview
Text (Dayah sebagai Lembaga Pendidikan Agama Islam Masyarakat Aceh Perspektif Hassbi Amiruddin)
Khairil Yuliansyah, 160201040, FTK, PAI, 082366973749.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sejak Islam pertama kali sampai di Aceh tidak terdapat lembaga pendidikan lain kecuali dayah, karena itu hanya dayah satu-satunya pusat belajar agama dan sekolah bagi masyarakat Aceh. Keberadaan dayah yang merupakan lembaga pendidikan di masa itu memberi pengaruh besar bagi pembagunan dan perkembangan keilmuwan Islam. Seiring waktu, lembaga dayah banyak mendapat kritikan dari berbagai kalangan Intelektual karena dianggap hanya menghasilkan lulusan dalam bidang agama saja tanpa ada keahlian khusus. Hal ini menjadi perhatian khusus Hasbi Amiruddin selaku ketua bidang Pembinaan Dayah Majelis Pendidikan Daerah. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana peran dayah sebagai lembaga pendidikan Islam bagi masyarakat Aceh, bagaimana peran ulama dalam perkembangan dayah di Aceh, serta bagaimana dayah dalam perspektif Hasbi Amiruddin. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka, dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi yaitu mencari data dengan berpedoman pada buku-buku karangan Hasbi Amiruddin sebagai sumber primer. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dalam pemikiran tokoh bahwa dayah harus terbuka dalam melihat perkembangan zaman saat ini, umat Islam juga harus memahami bahwa perintah menuntut ilmu tidak hanya berorientasi pada ranah agama semata, tetapi mencakup seluruh ilmu termasuk sains dan teknologi. Dayah harus melakukan beberapa perubahan agar kedepan mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dan berjalan beriringan dengan lulusan dari lembaga lain, dalam mengembangkan keilmuwan Islam untuk generasi Aceh kedepan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muzakir, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Izzati, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Lembaga, Pendidikan Dayah, Hasbi Amiruddin
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairil Yuliansyah
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:38
Last Modified: 23 Nov 2020 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item
View Item