Penghasilan Youtubers Sebagai Objek Zakat Profesi (Analisis Tentang Mâl Mustafad Sebagai Penghasilan Profesi Di Kalangan Youtubers Aceh)

Dian Burdi Jaya, 150102100 (2020) Penghasilan Youtubers Sebagai Objek Zakat Profesi (Analisis Tentang Mâl Mustafad Sebagai Penghasilan Profesi Di Kalangan Youtubers Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penghasilan Youtubers Sebagai Objek Zakat Profesi (Analisis Tentang Mâl Mustafad Sebagai Penghasilan Profesi Di Kalangan Youtubers Aceh)]
Preview
Text (Penghasilan Youtubers Sebagai Objek Zakat Profesi (Analisis Tentang Mâl Mustafad Sebagai Penghasilan Profesi Di Kalangan Youtubers Aceh))
Dian Burdi Jaya, 150102100, FSH, HES, 082304421091.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Profesi sebagai seorang youtuber merupakan suatu profesi baru berbasis ilmu teknologi yang banyak diminati pebisnis milenial. Alasan youtuber menggeluti profesi ini dan bukan sekedar hobi namun juga karena adanya benefit yang diperoleh melebihi pekerjaan formal yang biasanya digeluti oleh seseorang sebagai pekerjaan tetap. Youtuber dapat menjadi sebuah profesi apabila mendapatkan suatu penghasilan dari video yang mereka unggah. penghasilan yang didapat dari hasil pekerjaan youtuber ini termasuk golongan harta penghasilan (mâl al-mâustafad). Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana indikator untuk youtuber diklasifikasi sebagai objek zakat profesi serta bagaimana batas nisab penghasilan youtuber untuk diklasifikasikan sebagai wajib zakat. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang meneliti objek di lapangan untuk mendapatkan data gambaran yang jelas tentang hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. metode ini dilakukan dengan cara penulis menjumpai langsung para youtuber dan mewawancarai serta mencatat data-data yang diperlukan guna untuk memperoleh informasi dan data yang valid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa profesi youtuber tidak hanya menggunakan youtube sebagai hobi dan bukan prioritas mata pencaharian tetapi youtuber mempunyai beberapa indikator yang menunjukan bahwa profesi youtuber dapat diklasifikasikan sebagai objek zakat profesi. indikator adalah penentuan pada kegiatan youtuber yang menjadikan youtube sebagai sumber mata pencaharian utama dan youtuber sebagai profesi dengan penghasilan yang mencapai nisab. Jika dilihat dari ketentuan Wahbah Az-Zuhaili dan Al- Qaradhawi, cenderung berpendapat nisab zakat profesi setara dengan 85 gram emas murni dan kadar zakatnya 2,5% maka penghasilan seorang youtuber dapat dikenai wajib zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Kamaruzzaman Bustamam, MA, Pembimbing II : Amrullah, S.HI,. LLM
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.1431 Zakat Profesi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dian Burdi Jaya
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:11
Last Modified: 25 Nov 2020 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item
View Item