Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar

Nurafni, 150209035 (2019) Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar.]
Preview
Text (Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar.)
Nurafni, 150209035, FTK, PGMI, 082370457248.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Melakukan kegiatan pembelajaran guru harus dapat memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Model pembelajaran NHT adalah salah satu model pembelajaran yang dapat memberi siswa lebih banyak waktu untuk berpikir bersama dan saling membantu dalam kelompok. Rancangan penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together di kelas V MIN 10 Aceh Besar. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model Numbered Head Together. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, melalui test awal dan test akhir. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Numbered Head Together. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 63 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 84 dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 60 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan kategori baik sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 54,16% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,66%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar. Disamping itu, selama pembelajaran siswa juga aktif, demikian juga guru dala mengelola pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Irwandi, S.Pd.I., MA Pembimbing II : Zaki Al Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurafni Nurafni
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:30
Last Modified: 07 Dec 2020 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item
View Item