Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses dan Hasil Pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Banda Aceh

Nurul Ayuna, 150201160 (2019) Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses dan Hasil Pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses dan Hasil Pembelajaran PAI)
Nurul Ayuna, 150201160. FTK, PAI, 085262215159.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Satu sisi media sosial dapat membentuk nila-nilai yang tidak selaras dengan tujuan pendidikan, asumsi lain media sosial mampu menjadi media yang membantu tugas-tugas pendidikan dalam mentransfer ilmu dan menginternalisasi nilai bagi peserta didik. Karena itu, dibutuhkan kecerdasan dan kecermatan peserta didik, dan bimbingan guru dalam aktivitas pemanfaatan media sosial sebagai media kemudahan dalam proses pembelajaran. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran PAI di SMAN 4 Banda Aceh. Dan kedua, bagaimana pengaruh media sosial terhadap hasil pembelajaran PAI di SMAN 4 Banda Aceh. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian kualitatif data yang diperoleh adalah dengan penelitian lapangan (field research) yang dideskripsikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian kuantitatif adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan populasi sebanyak 772 dan sampel yang diambil peneliti 10%-15% dari kelas XII. Adapun hasil penelitian adalah (1) pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran PAI di SMAN 4 Banda Aceh termasuk kategori memadai. Hal ini berdasarkan hasil angket siswa kelas XII di SMAN 4 Banda Aceh yang didukung oleh data ditabel 4.4, 4.5, 4.7, 4.8, 4.9, 4.11, dan 4.12. (2) pengaruh media sosial terhadap hasil pembelajaran PAI di SMAN 4 Banda Aceh yaitu bahwa hasil belajar siswa membawa pengaruh positif bagi yang memanfaatkan media sosial. Hal ini berdasarkan pada nilai hasil angket dari kelas XII secara keseluruhan telah tercapai nilai sebesar 86,40 dan hasil wawancara yang diperoleh dari guru PAI dan 2 orang siswa yaitu bahwa pengaruh media sosial terhadap hasil pembelajaran PAI siswa/i adalah berada pada kualifikasi baik. Hal ini terbukti nilai r tabel adalah sebesar 0,227. Maka rxy diperoleh pada taraf signifikasi 5% dan r tabel yaitu 0,479 > 0,227

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Zulfatmi, S.Ag., M.Ag 2. Imran, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Proses dan Hasil Pembelajaran PAI
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Depositing User: Nurul Ayuna Nurul
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:44
Last Modified: 26 Nov 2020 04:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14930

Actions (login required)

View Item View Item
TOP