Pengelolaan Dana Desa dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat untuk Kemaslahatan Umat (Studi Kasus di Gampong Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar)

Husnul Khatimah, 160602151 (2020) Pengelolaan Dana Desa dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat untuk Kemaslahatan Umat (Studi Kasus di Gampong Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan dana desa dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat untuk Kemaslahatan Umat (Studi Kasus di Gampong Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar)]
Preview
Text (Pengelolaan dana desa dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat untuk Kemaslahatan Umat (Studi Kasus di Gampong Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar))
Husnul Khatimah, 160602151, FEBI, ES, 082169815110.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator pembangunan desa dapat dilakukan dengan pemanfaatan dana desa. Dana desa berfungsi untuk pelaksanaan pembangunan desa seperti pembangunan infrastruktur desa, pemberdayaan masyarakat desa serta pembangunan ekonomi masyarakat desa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengelolaan dana desa dalam pembangunan ekonomi masyarakat untuk kemaslahatan umat di Gampong Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang berasal dari aparatur desa dan masyarakat Gampong Lambeugak. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan dana desa untuk pembangunan yang dilakukan oleh aparatur desa sudah sangat bagus dan membantu masyarakat Gampong Lambeugak untuk meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan. Penggunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat belum maksimal karena program yang dilakukan di Gampong Lambeugak terfokuskan untuk lelaki saja sedangkan untuk perempuan tidak ada program khusus untuk pemberdayaan perempuan. Oleh karena itu penggunaan dana desa di Gampong Lambeugak belum sepenuhnya dapat mencapai kemaslahatan bagi umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Cut Dian Fitri, SE., M.Si Ak., CA Pembimbing II : Winny Dian Safitri, S. Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pembangunan Ekonomi, Kemiskinan, Kemaslahatan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Husnul Khatimah
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:21
Last Modified: 27 Nov 2020 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item
View Item