Urgensi Konseling Trauma Terhadap Keluarga Korban Buaya (Studi Deskriptif Pada Pencari Lokan di Kabupaten Aceh Singkil)

Try Novia Masdar MD, 160402078 (2020) Urgensi Konseling Trauma Terhadap Keluarga Korban Buaya (Studi Deskriptif Pada Pencari Lokan di Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Urgensi Konseling Trauma Terhadap Keluarga Korban Buaya (Studi Deskriptif Pada Pencari Lokan di Kabupaten Aceh Singkil))
Tri Novia Masdar, 160402078, FDK, BKI, 082218868577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Trauma terjadi ketika seseorang dihadapkan pada peristiwa yang menekan ingatannya sehingga merasa tidak berdaya dan terancam. Penanganan untuk orang yang mengalami trauma adalah konseling trauma yaitu bantuan yang diberikan seorang yang ahli kepada klien sehingga klien dapat memahami dirinya dan dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Trauma dapat melanda siapa saja seperti yang dialami korban trauma mangsa buaya di Singkil. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan umum untuk mengetahui urgensi konseling trauma terhadap keluarga korban mangsa buaya, sedangkan tujuan khusus untuk mengetahui: (1) kondisi Psikologis keluarga korban mangsa buaya yang meninggal dunia dan korban yang selamat, (2) upaya pemerintah dalam menangani kasus korban buaya, (3) pentingkah konseling trauma dilakukan untuk para korban buaya di Singkil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif mengambil subjek dari suatu kasus yang terjadi dengan subjek sebanyak 9 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara verbal kondisi psikologis korban mangsa buaya sudah bangkit dari keterpurukan, sedangkan secara nonverbal masih mengalami kecemasan, tertekan dan kesedihan, terlihat dari gestur tubuh dab raut wajahnya (2) bantuan yang diberikan pemerintah berupa kebutuhan finansial kepada para korban, (3) konseling trauma sangat diperlukan untuk mengatasi kecemasan, ketakutan dan kesedihan korban trauma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling dan Trauma
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.6 Psikologi orang Dewasa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas > 307.72 Komunitas Pedesaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Try Novia Masdar
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:38
Last Modified: 27 Nov 2020 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14937

Actions (login required)

View Item View Item
TOP