Pemanfaatan Internet Di Perpustakaan dalam Menyelesaikan Tugas-tugas Sekolah Oleh Siswa-Siswi Di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh.

Nabahati, 531202993 (2018) Pemanfaatan Internet Di Perpustakaan dalam Menyelesaikan Tugas-tugas Sekolah Oleh Siswa-Siswi Di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan Internet di Perpustakaan dalam Menyelesaikan Tugas-tugas Sekolah]
Preview
Text (Pemanfaatan Internet di Perpustakaan dalam Menyelesaikan Tugas-tugas Sekolah)
Nabahati, 531202993, FAH, IP, 085370512905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu perpustakaan sekolah yang menyediakan fasilitas internet bagi siswa-siswinya adalah SMAN Modal Bangsa Aceh. Penyediaan fasilitas internet oleh perpustakaan sekolah bertujuan untuk membantu siswa menemukan berbagai informasi dalam menunjukang proses belajarnya, salah satunya dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pemanfaatan internet di perpustakaan berpengaruh terhadap penyelesaian tugas-tugas sekolah siswa-siswi SMAN Modal Bangsa Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet di perpustakaan terhadap penyelesaian tugas-tugas sekolah siswa-siswi SMAN Modal Bangsa Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru, pemilihan subjek penelitian ditentukan secara purposive sampling, maka atas berbagai pertimbangan sampel penelitian sebanyak 8 orang siswa mewakili masing-masing kelas (X, XI dan XII) dan 4 orang wali kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisa data kualitatif yaitu menguraikan serta menginterpretasikan data yang diperoleh di lapangan dari para informan, yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitiannya menyimpulkan bahwa pemanfaatan internet di perpustakaan berpengaruh terhadap penyelesaian tugas-tugas sekolah siswa-siswi SMAN Modal Bangsa Aceh. Hal ini terlihat dari terselesainya tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa melalui pemanfaatan internet di perpustakaan. Dalam memanfaatkan internet di perpustakaan SMAN Modal Bangsa Aceh, siswa terkendala dengan jumlah komputer yang tersedia dan juga waktu atau jadwal berkunjung yang terbatas sehingga siswa harus antri untuk menggunakan fasilitas internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nazaruddin, S.Ag.,S.IP., M.Lis 2. Umar bin Abdul Azis, S.Ag., SS., MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemanfaatan internet, perpustakaan, penyelesaian tugas-tugas sekolah.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nabahati Nabahati
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:40
Last Modified: 27 Nov 2020 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item
View Item