Kreativitas Guru dalam Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar

Elfi Susilawati, 150201187 (2020) Kreativitas Guru dalam Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kreativitas Guru dalam Penerapan Metode Pembelajaran  Al-Qur’an Hadits]
Preview
Text (Membahas Tentang Kreativitas Guru dalam Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits)
Elfi Susilawati, 150201187, FTK, PAI, 082216400731.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreativitas mengandung arti kemampuan untuk mencipta, daya cipta dan perihal berkreasi. Guru yang kreatif adalah guru yang mampu menciptakan atau mengelolah materi pembelajaran sedemikian rupa yang dapat menjadikan proses pembelajaran yang menyenangkan dan dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang Al-Qur’an Hadits. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar (Kelas VIII A). (2) Metode apa saja yang diterapkan guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar (Kelas VIII A). (3) Apa saja kendala kreativitas Guru dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar (Kelas VIII A). Tujuan penelitian peneliti ialah: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar (Kelas VIII A). 2) Untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar (Kelas VIII A). (3) Untuk mengetahui apa saja kendala kreativitas guru Al-Qur’an Hadits di MTsN 7 Aceh Besar (Kelas VIII A). . Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kedua guru Al-Qur’an Hadits telah memiliki kreativitas yang baik. Hal ini karena kedua guru tersebut telah memenuhi ciri-ciri seorang guru yang kreatif. Seperti dalam menggunakan media guru telah berusaha membuat media sederhana yang dirancang sendiri yaitu membuat potongan-potongan kertas yang berisi ayat-ayat tentang materi pembelajaran dan mengkolaborasikan dengan metode pembelajaran, Guru juga menggunakan media gambar yang sesuai dengan materi dengan mengkolaborasikan dengan metode pembelajran. Adapun metodemetode yang digunakan kedua guru Al-Qur’an Hadits sangat variatif dan beragam, dimana guru menggunakan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kendala yang dihadapi kedua guru Al-Qur’an Hadits yaitu masih kurangnya fasilitas yang disediakan di sekolah seperti kurangnya buku paket dan alat elekronik lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhibbuthabry, M. Ag 2. Dr.Teuku Zulkhairi, S.Pd., MA
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Penerapan Metode, Al-Qur'an Hadits
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elfi Susilawati Elfi
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:44
Last Modified: 27 Nov 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item
View Item