A Review: Penggunaan Mangrove untuk Biomonitoring pada Lingkungan Perairan

Rahmi Wilda, 150702104 (2020) A Review: Penggunaan Mangrove untuk Biomonitoring pada Lingkungan Perairan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of A Review: Penggunaan Mangrove untuk    Biomonitoring pada lingkungan Perairan]
Preview
Text (A Review: Penggunaan Mangrove untuk Biomonitoring pada lingkungan Perairan)
Rahmi Wilda, 150702104, FST, TL, 082236131840.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mangrove telah diteliti secara luas sebagai tumbuhan yang dapat menyerap dan mengakumulasi logam berat dalam jaringannya. Karena kemampuan tersebut, mangrove telah dimanfaatkan untuk mereduksi logam berat di lingkungan perairan. Selain itu mangrove telah digunakan untuk biomonitoring pencemaran logam berat. Penggunaan mangrove untuk biomonitoring pada lingkungan perairan telah dianggap sebagai metode yang murah, cepat dan memadai. Mangrove merupakan organisme yang memiliki kemampuan menyerap kontaminan logam berat dan berfungsi sebagai perangkap polutan halus. Namun, untuk mengembangkan teknik ini agar dapat digunakan secara luas, penelitian dan investigasi masih diperlukan. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan arah studi mangrove ke depan dalam menggunakan mangrove sebagai agen biomonitoring. Berdasarkan kajian, Rhizophopora mucronata dan Avicennia marina merupakan spesies mangrove yang memiliki kemampuan yang menjanjikan untuk digunakan dalam biomonitoring di lingkungan perairan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: : 1. Dr. Abd Mujahid Hamdan, M.Sc 2. Rizna Rahmi, M.Sc
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Rahmi Wilda
Date Deposited: 27 Nov 2020 07:37
Last Modified: 27 Nov 2020 07:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item
View Item