Dukungan Orang Tua Dalam Mengembangkan Usaha Ekonomi Kreatif Remaja

Rima Dahlia, 140402110 (2019) Dukungan Orang Tua Dalam Mengembangkan Usaha Ekonomi Kreatif Remaja. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Dukungan Orang Tua Dalam Mengembangkan Usaha Ekonomi Kreatif Remaja)
Rima Dahlia, 140402110, FDK, BKI, 082360732950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu adanya orang tua yang tidak mendukung remaja dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif dan ada juga orang tua yang mendukung remaja mengembangkan usaha ekonomi kreatif. Remaja yang memiliki kreatifitas sangat diperlukan di zaman sekarang, di mana persaingan ekonomi terus tinggi, harga barang semakin meninggi, biaya sekolah juga semakin tinggi. Jika remaja tidak mengembangkan usaha kreatif dari sekarang maka bagaimana kehidupan remaja dikemudian hari tanpa bergantung kepada orang tua. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi remaja putus sekolah, bentuk-bentuk usaha ekonomi yang sedang dikerjakan oleh remaja putus sekolah dan untuk mengetahui dukungan orang tua terhadap usaha-usaha ekonomi yang sedang dikerjakan oleh remaja putus sekolah hingga berkembang menjadi usaha ekonomi kreatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang dukungan orang tua dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif remaja menunjukkan bahwa terdapat 30 orang remaja, 6 diataranya merantau dan tidak mendapatkan status kependudukan yang tetap sehingga peneliti tidak dapat menghubunginya. Usaha-usaha yang dilakukan remaja beraneka macam, ada yang membantu pamannya membuka dorsmeer (tempat cuci mobil dan sepeda motor), bekerja di bengkel mobil, bengkel honda, swalayan, batako (tempat membuat cincin sumur), jualan alat-alat kelontong, laundry, dan ada juga yang merantau keluar daerah. Orang tua sangat mendukung remaja memiliki usaha apalagi usaha ekonomi kreatif. Dukungan orang tua bisa berupa apa saja, bahkan ada beberapa orang tua memberikan fasilitas atau modal dan motivasi. Remaja yang diberikan dukungan akan berbeda dengan remaja yang tidak diberikan dukungan. Contohnya remaja yang berkerja dengan menuangkan ide-ide kreatif seperti membuat kue dengan cara menghias ataupun memodifikasi kue menjadi lebih menarik dan enak dilihat serta bisa membuat orang yang melihat menjadi tertarik dan ingin membelinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Jamil Yusuf, M. Pd 2. Reza MuttaqinS. Sos. I, M. Pd
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rima Dahlia
Date Deposited: 27 Nov 2020 07:24
Last Modified: 27 Nov 2020 07:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item View Item
TOP