Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTs

Maisura, 150205036 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTs)
Maisura, 150205036, FTK, PMA, 085261642946.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika di MTsN 3 Pidie Jaya masih tergolong rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika, diantaranya kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang tepat untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan model Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di MTsN 3 Pidie Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Pidie Jaya dan sampelnya kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan VIId sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t hipotesis, maka diperoleh thitung = 2,39 dan ttabel = 1,68 atau thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTsN 3 Pidie Jaya setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd. Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Creative Problem Solving
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maisura Maisura
Date Deposited: 27 Nov 2020 08:39
Last Modified: 27 Nov 2020 08:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item
View Item