Pengaruh Model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 3 Kota Banda Aceh

Risanti, 150209012 (2020) Pengaruh Model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 3 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 3 Kota Banda Aceh)
Risanti, 150209012, FTK, PGMI, 085260204919.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar mengajar di MIN 3 Banda Aceh diperoleh data bahwa adanya ketidaksesuaian antara metode ceramah dan media cetak dengan materi yang diajarkan guru, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar seperti sulit dalam memahami pelajaran yang diajarkan, siswa tidak aktif saat belajar, siswa cepat bosan saat belajar. Oleh karena itu kesulitan siswa dapat diatasi dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar terhadap hasil belajar dan minat siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9-10 Oktober 2019. Rancangan penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Banda Aceh yang berjumlah 79 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va yang berjumlah 40 orang. Untuk mendapatkan data digunakan teknik tes berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis uji normalitas, homogenitas, wilcoxon nonparametric dan n-gain. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sedangkan hasil analisis minat siswa diperoleh persentase sebesar 30,5% dengan responden menyatakan sangat setuju dan 30% dengan responden menyatakan setuju. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik terhadap model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Two Stay Two Stray dengan Media Gambar pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan minat siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Salma Hayati, S.Ag., M.Ed Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Two Stay Two Stray, Media Gambar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risanti Risanti
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:20
Last Modified: 02 Dec 2020 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item
TOP