Perancangan Aplikasi Belajar Suku Pakpak Berbasis Android Via App Inventor

Abdul Izul Azhar, 160212076 (2020) Perancangan Aplikasi Belajar Suku Pakpak Berbasis Android Via App Inventor. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Belajar Suku Pakpak Berbasis Android]
Preview
Text (Perancangan Aplikasi Belajar Suku Pakpak Berbasis Android)
Abdul Izul Azhar, 160212076, FTK, PTI, 082230869157.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sepanjang perjalanan kehidupan bersosial dalam masyarakat, khususnya dari segi suku yang dianut oleh setiap orang yang ada di Indonesia, terkhusus Masyarakat Suku Pakpak yang terdapat di wilayah Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kota Subulussalam. Adakalanya terjadi sebuah perselisihan, serta kesalahpahaman antar sesama suku, baik di bidang peradatan, budaya, tutur kata dan lain sebagainya, seperti yang terjadi pada 12 November 2019 silam, akibat dari kurangnya pengetahuan tentang sukunya sendiri. Salah satu penyebab kurangnya pemahaman tentang Suku Pakpak adalah minimnya media cetak yang diterbitkan oleh pemerintah setempat terlebih lagi media yang berbasis android, guna melestarikan kebudayaan serta sukunya sendiri dan boleh jadi, minat masyarakat Suku Pakpak untuk membaca tentang sukunya sendiri melalui media cetak sangat minim. Oleh karena itu perancangan Aplikasi Belajar Suku Pakpak Berbasis Android Via App Inventor ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi seputar Suku Pakpak secara praktis serta efisien. Aplikasi belajar suku pakpak ini, dirancang menggunakan App Inventor. App Inventor merupakan sebuah Aplikasi Web Based berbasis Open Source. Aplikasi belajar suku Pakpak dikembangkan dengan Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) juga melibatkan metode pengembangan Luther untuk pengembangan aplikasi tersebut. Setelah melalui proses pengembangan penulis bekerjasama dengan dua ahli media untuk menilai kelayakan aplikasi tersebut untuk kemudian diadakan penelitian kepada masyarakat suku Pakpak. Hasil yang diperoleh dari penelitian kepada masyarakat suku Pakpak, memperoleh persentase sebesar 91.33%, dengan itu dinyatakan Aplikasi Belajar Suku Pakpak layak digunakan oleh masyarakat suku Pakpak.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing: 1. Andika Prajana, M.Kom. 2. Basrul Abdul Majid, M.S.
Uncontrolled Keywords: ndroid, Suku Pakpak, Budaya, App Inventor
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Abdul Izul Azhar
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:10
Last Modified: 03 Dec 2020 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14992

Actions (login required)

View Item
View Item