Rekaman Sejarah Sedimentasi Merkuri Pada Danau Eutrofik Dangkal: Dampak Dari Aktivitas Manusia Dan Perubahan Iklim

Sakhdiyah, 150702023 (2020) Rekaman Sejarah Sedimentasi Merkuri Pada Danau Eutrofik Dangkal: Dampak Dari Aktivitas Manusia Dan Perubahan Iklim. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Rekaman Sejarah Sedimentasi Merkuri Pada Danau Eutrofik Dangkal: Dampak Dari Aktivitas Manusia Dan Perubahan Iklim)
Sakhdiyah, 150702023, FST, TL, 085297194139.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Merkuri merupakan jenis polutan lingkungan yang berbahaya dan dapat mempengaruhi ekosistem perairan dan kesehatan manusia melalui biomagnifikasi. Sedimen danau dapat memberikan informasi penting tentang perubahan tingkat pencemaran dan kemudian dapat digunakan untuk melacak pengaruh sifat material antropogenik. Penelitian ini meneliti sejarah endapan merkuri (Hg) dalam 100 tahun pada sedimen di Danau Chao, danau eutrofik dangkal di Tiongkok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah endapan Hg dapat dipisahkan menjadi tiga tahap (pra-1960, 1960-1980, dan pasca-1980) selama 100 tahun terakhir. Sebelum 1960, konsentrasi Hg dalam sedimen inti tidak terlalu variasi dan tidak memiliki perbedaan spasial. Sejak 1960, konsentrasi Hg mulai meningkat secara bertahap, dan menunjukkan konsentrasi kontaminasi yang lebih tinggi di bagian wilayah danau barat daripada di bagian wilayah danau timur karena adanya masukan sedimen yang berasal dari aktifitas manusia. Pengaruh faktor antropogenik dan perubahan hidrologis diperoleh melalui analisis hubungan antara Hg dan logam berat (Fe, Co, Cr, Cu, Mn, Pb, dan Zn), karbon stabi, isotop nitrogen (δ13C dan δ15N), nutrisi, ukuran partikel, dan faktor meteorologi. Hasilnya menunjukkan bahwa pencemaran Hg meningkat setelah tahun 1960, terutama karena perubahan hidrologis, pembangunan sercara regional yang cepat dan urbanisasi, serta proliferasi sumber Hg antropogenik. Selanjutnya, suhu, kecepatan angin, dan penguapan ditemukan secara interaktif mempengaruhi kondisi lingkungan dan akumulasi Hg yang ada di dalam lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Abdullah Mujahid Hamdan, M.Sc. 2. T. Muhammad Ashari, M.Sc
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Sakhdiah Sakhdiah
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:19
Last Modified: 03 Dec 2020 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item
TOP