Peranan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Di Kecamatan Meukek

Fathul Kamal, 431307368 (2019) Peranan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Di Kecamatan Meukek. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peranan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Di Kecamatan Meukek)
Fathul Kamal, 431307368, FDK, MD, 082262108338.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

: Peranan bintara pembina desa (babinsa) dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kecamatan meukek, merupakan ujung tombak TNI AD memiliki tugas dibidang keamanan dan ketertiban melaksanakan pembinaan kewilayahan, dalam pengelolaan potensi kewilayahan, penduduk dan kondisi sosial budaya yang mampu menciptakan suatu kekuatan kewilayahan sebagai ruang, alat dan kondisi yang tangguh dalam mengatatasi berbagai ancaman, tantangan, hambatan. Dan untuk menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan, sementara itu sumber data berasal dari Obeservasi langsung, wawancara secara mandalam kepada Komandan Komandan Rayon Militer (Koramil), aparatur desa dan masyarakat. Kemudian data tersebut diolah, dianalisis secara deskriptif agar mudah dipahami oleh pembaca. Kemudian hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan tugas Babinsa dapat dirangkum dalam pembinaan potensi geografi, potensi demografi dan potensi social ekonomi. Bahwa kegiatan rutin yang dilakukan oleh Babinsa saat ini cukup banyak dan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pelaksanaan pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ketertiban dan keamanan masyarakat Meukek adalah mengajak masyarakat atau aparat desa untuk mengadakan siskamling (ronda malam), gunanya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan juga membantu masyarakat sewaktu-waktu dibutuhkan. Misalnya ada kemalingan, banjir, kebakaran, atau bisa juga mendapat laporan saat tengah malam dan sering melaksanakan patrol bersama polsek setempat. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dalam skripsi ini, maka peneliti dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut: Kepala desa dan Babinsa dalam setiap acara atau pesta maupun selalu memberikan arahan maupun nasehat kepada masyarakat yang berkaitan dengan pemahaman arti dari sebuah suasana yang aman, rukun dan damai serta bebas dari gangguan maupun ancaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, M. Si 2. Fakhruddin, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Babinsa, Keamanan, Ketertiban.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Fathul Kamal
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:23
Last Modified: 03 Dec 2020 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item
TOP