Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika di Kelas XI SMAN 2 Kuta Baro

Irnawati, 150204099 (2020) Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika di Kelas XI SMAN 2 Kuta Baro. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika di Kelas XI SMAN 2 Kuta Baro)
Irnawati, 150204099, FTK, PFS, 082370535036.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya kesulitan merupakan suatu kondisi tertentu yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam kegiatan mencapai tujuan, sehingga memerlukan kegiatan yang lebih giat lagi untuk dapat mengatasi. Kesulitan belajar dapat sebagai kondisi dalam proses belajar yang ditandainya adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mncapai hasil belajar. Hambatan ini mungkin disadari dan mungkin tidak dapat disadari dalam keseluruhan proses belajarnya. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik di SMAN 2 Kuta Baro. Penelitian ini menggunakan tiga tehnik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi. Sampel sumber data dalam penelitian ini adalah sepuluh peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kuta Baro yang mengalami kesulitan belajar fisika. Data yang diperoleh dari penelitian, faktor internal meliputi kesehatan yang sering terganggu, kurangnya minat belajar, kurangnya perhatian dalam belajar, malas dalam belajar, kebiasaan belajar yang tidak teratur. Faktor ekternal meliputi pembelajaran yang diselenggarakan dimana peserta didik dalam jumlah banyak peserta didik. Implikasi dalam penelitian ini adalah sebagai faktor-faktor kesulitan belajar mata pelajaran fisika pada peserta didik dapat dikenalioleh setiap guru fisika di SMAN 2 Kuta Baro agar dapat melakukan berbagai pendekatan dalam upaya mengulangi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed Pembimbing II : Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Faktor kesulitan belajar dan pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Irnawati Irnawati
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:07
Last Modified: 04 Dec 2020 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

View Item View Item
TOP