Studi Implementatif Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMAN I Ingin Jaya

Misbahul Jannah, 150204119 (2020) Studi Implementatif Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMAN I Ingin Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Studi Implementatif Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMAN I Ingin Jaya]
Preview
Text (Studi Implementatif Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMAN I Ingin Jaya)
Misbahul Jannah, 150204119, FTK, PFS, 082167708066.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan praktikum di SMAN I Ingin Jaya dalam proses belajar mengajar guru menggunakan alat praktikum yang ada di laboratorium fisika, walaupun dalam keterbatasan waktu dan jam pelajaran, oleh sebab itu peserta didik masih kurang dalam mengenal alat-alat praktikum. Hasil ini dapat diketahui dari observasi awal di SMAN I Ingin Jaya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum fisika di SMAN I Ingin Jaya berdasarkan kurikulum 2013. Data dalam penelitian berupa data kualitatif yang bersifat deskriptif yang diperoleh dari wawancara, angket peserta didik, observasi dan dokumentasi. Data hasil wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, kepala laboratorium dan guru fisika. Angket peserta didik dilakukan dengan cara memberikan beberapa pernyataan yang akan dijawab langsung oleh peserta didik, sedangkan observasi dengan melihat langsung proses kegiatan di lapangan dan dokumentasi didapatkan dengan data yang ada dilaboratorium. hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti di sekolah SMAN 1 Ingin Jaya memperoleh bahwa guru jarang menggunakan laboratorium dalam pelaksanaan praktikum fisika. Namun dalam pelaksanaan praktikum di laboratorium sebagian sudah sesuai dengan standar operasional prosedur seperti adanya jadwal praktikum yang di sediakan oleh pihak laboratorium fisika di sekolah tersebut. Kemudian mengenai pendapat siswa terhadap pelaksanaan praktikum di laboratorium sebanyak 100 % mengatakan pernah melakukan praktikum di laboratorium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd Pembimbing II : Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementatif, Praktikum, Laboratorium dan Kurikulum 2013
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Misbahul Jannah
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:44
Last Modified: 04 Dec 2020 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item
View Item