Transaksi Jual Beli Tanah Negara Di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah Dalam Perspektif Konsep Milk Al Daulah

Feby Jurnifa Kuine, 160102084 (2020) Transaksi Jual Beli Tanah Negara Di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah Dalam Perspektif Konsep Milk Al Daulah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Transaksi Jual Beli Tanah Negara Di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah Dalam Perspektif Konsep Milk Al Daulah]
Preview
Text (Transaksi Jual Beli Tanah Negara Di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah Dalam Perspektif Konsep Milk Al Daulah)
Feby Jurnifa Kuine, 160102084, FSH, HES, 082273310210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam wilayah Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah terdapat tanah negara yang termasuk dalam kawasan hutan lindung, pengelolaan dan pemanfaatannya bertujuan untuk terwujudnya kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam praktiknya, masyarakat telah melakukan transaksi jual beli dan yang menjadi objek dalam jual beli tersebut adalah tanah negara yang seharusnya tidak boleh diperjual belikan. Transaksi jual beli tanah negara tersebut hanya dilakukan dalam bentuk transaksi di bawah tangan. Dari substansi masalah tersebut maka fokus penelitian skripsi ini adalah Bagaimana aspek hukum yang berlaku di Kecamatan Ketol terhadap tanah negara, Bagaimana legalitas penguasaan objek jual beli atas tanah negara yang dilakukan oleh masyarakat ketol dan Bagaimana perspektif milk al daulah terhadap jual beli tanah Negara di Kecamatan Ketol. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriftif analisis dan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan pemanfaatan dan pengelolaan tanah milik Negara belum sesuai dengan aspek hukum yang berlaku, hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman, kepatuhan dan kesadaran hukum dari masyarakat dan aparatur negara, tidak ada tapal batas yang jelas yang menegaskan bahwa tanah tersebut adalah tanah negara yang merupakan kawasan hutan lindung, dan belum adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah terkait pemanfaatan dan pengelolaan tanah negara. Legalitas penguasaan objek jual beli atas tanah negara tidak memiliki sertifikat atau dokumen-dokumen yang dapat membuktikan kepemilikan tanah yang sah secara hukum, bentuk legalitas penguasaan objek atas tanah negara hanya berupa tanda yang menyatakan hak kepemilikan lahan. Dalam konsep Milk al daulah dijelaskan bahwa pemanfaatan harta milik negara bertujuan untuk mendatangkan kemaslahatan masyarakat, harta milik negara tidak dapat digunakan oleh pribadi untuk mencari keuntungan dan merugikan orang lain, oleh sebab itu mengenai jual beli tanah Negara di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah belum sesuai dengan konsep milk al daulah yaitu dari segi pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husni Mubarrak, Lc., MA Pembimbing II : Badri, S.HI., MH
Uncontrolled Keywords: Transaksi, Tanah Negara, Milk Al Daulah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.232 Tanah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Feby Jurnifa Kuine Kuine
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:38
Last Modified: 04 Dec 2020 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item
View Item