Nurul Hidayanti, 211323870 (2020) Penerapan Media Audio Visual Talking Pen Al Quran Al-Fatih Pada 8 Makharijul Huruf (Study Eksperimen Pada Santri TPA Babul ‘Ibad Desa Cadek) Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Nurul Hidayanti, 211323870, FTK, PAI, 082370320554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Talking Pen merupakan salah satu media pembelajaran yang sering dipakai dalam dunia pendidikan sehingga seseorang dapat lebih memahami serta membantu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’annya. Akan tetapi kenyataannya masih ada santri yang belum paham menggunakan Talking pen. Akibatnya, ada santri yang belum lancar dalam ketepatan membaca Al-Quran, penelitian ini bertujuan untuk menggetahuai penerapan media audio-visual Talking Pen untuk Mengenal Makharijul Huruf santri di Babul’Ibad Desa Cadek Kabupaten Aceh Besar dan pemahaman santri dalam penggunaan media Talking Pen terhadap kemampuan membaca A-Qur’an di Desa Cadek Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Angket diberikan kepada santri Babul’Ibad dengan mengambil sampel berjumlah 6 orang yang dipilih secara acak, serta orang 1 ustad dan 1 orang ustadzah untuk diwawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan dan menganalisis data yang ada. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan media audio-visual Talking Pen untuk Mengenal Makharijul Huruf santri di Babul’Ibad Desa Cadek Kabupaten Aceh Besar sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes kelancaran membaca Al-quran, ketepatan melafalkan makharijal huruf , ketepatan hukum nun sukun dan tanwin dan pemahaman santri dalam penggunaan media Talking Pen terhadap kemampuan membaca A-Qur’an di Desa Cadek Kabupaten Aceh Besar juga sudah baik dilihat dari hasil pembagian angket bahwa media Talking Pen merupakan media yang praktis dalam membaca Al-Quran, lebih suka, mudah, lancar, rajin dan tidak membosankan belajar membaca Al-Quran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah, M.Ag Pembimbing II : Syafruddin, S.Ag, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Media Audio Visual Talkig Pen |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurul Hidayanti |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 03:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15015 |